Informasi Kesehatan: Manfaat Minum Kopi

Informasi Kesehatan: Manfaat Minum Kopi

220
0
SHARE
source : blogspot.com

KabarFemale—Kopi jadi minuman utama bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Tapi kopi memiliki reputasi buruk karena bisa menyebabkan masalah kesehatan. Informasi kesehatan menyebutkan kalau sebenarnya kopi memiliki banyak manfaat kesehatan. Perbedaan antara penelitian yang melaporkan manfaat kopi dan yang menyatakan kopi berbahaya adalah kualitas kopinya.

Informasi kesehatan tentang manfaat kopi

Melindungi dari kanker
Salah-satu informasi kesehatan dari kopi adalah melindungi dari kanker. Penelitian menemukan kalau konsumsi dua gelas kopi setiap hari terkait dengan 43 persen panurunan resiko kanker hati. Selain itu kopi bisa menurunkan resiko kanker hati hingga 50 persen dengan resiko penurunan lebih tinggi pada pria mencapai 62 persen. Selain kanker hati, penelitian menunjukkan 4 gelas atau lebih kopi setiap hari bisa menurunkan resiko kanker prostat hingga 59 persen. Lima gelas kopi sehari bisa menurunkan kanker payudara hingga 29 persen.

Menurunkan semua penyebab kematian
Kopi bisa menurunkan resiko kematian. Empat gelas kopi per hari menurunkan semua penyebab kematian hingga 16 persen, sedang 3 gelas kopi setiap hari menurunkan penyakit kardiovaskuler penyebab kematian hingga 21 persen.

Mengurangi peradangan dan menurunkan resiko Alzheimer
Diantara manfaat kesehatan kopi, penelitian menemukan kalau kafein bisa menahan peradangan di otak dalam bentuk penyakit seperti Alzheimer. Kopi juga memiliki efek yang sama menahan peradangan kimia IL-1 dengan enzim yang dikenal sebagai caspase1, yang memicu produksi IL-1-beta.

Mengurangi sakit kepala
Pengurangan kafein bisa menyebabkan sakit kepala luar biasa, tapi kopi memiliki efeks sabaliknya ketika dikonsumsi seperlunya. Penelitian menunjukkan mereka yang minum kopi dua atau tiga gelas setiap hari mengalami sakit kepala kronik paling sedikit. Ini karena kafein membantu mencegah kekejangan vaskuler dan membantu menahan rasa sakit pada ujung saraf, seperti aspirin dosis rendah, yang menurunkan kematian akibat cirrhosis hingga 66 persen, sedangkan minuman lain seperti jus buah dan teh tidak mempengaruhi kematian akibat cirrhosis.

Kesehatan hati
Penelitian menunjukkan setidaknya 3 gelas kopi setiap hari bisa menurunkan enzim abnormal di hati. Efek ini lebih kuat dengan kopi dekafein, dengan 38 persen resiko penurunan.

Penurunan berat badan
Informasi kesehatan menyatakan polyphenol yang ada di kopi adalah prebiotik yang terkait dengan kontrol berat badan. Salah-satu antioksidan di kopi, yakni asam klorogenik, memiliki kemampuan mencegah penambahan berat badan dan menjaga tingkat gula darah tetap normal, sehinga melindungi dari diabetes tipe II. Tapi menambahkan banyak gula pada kopi bisa mengurangi manfaatnya dan tidak dianjurkan.

AFI150901(15)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY