Informasi Kesehatan: Cara Mendapat Tidur Lebih Baik

Informasi Kesehatan: Cara Mendapat Tidur Lebih Baik

175
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Informasi kesehatan menyatakan kebanyakan remaja membutuhkan sekitar 8,5 hingga lebih dari 9 jam tidur setiap malam. Tapi sayangnya sekitar 1 dari 4 remaja mengalami masalah tidur. Kurang tidur bisa mempengaruhi segala hal mulai dari kondisi emosi hingga seberapa baik kita bisa fokus pada suatu tugas seperti mengemudi. Kurang tidur bisa mempengaruhi penampilan olahraga, meningkatkan kemungkinan sakit, dan terkait dengan penambahan berat badan pada beberapa orang.

Informasi kesehatan tentang tips mendapat tidur yang baik

Bagaimana cara mendapat tidur yang kita butuhkan? Informasi kesehatan berikut memberitahu Anda beberapa caranya:

Aktif di siang hari. Anda lihat bagaimana aktifnya anak kecil di siang hari dan nyenyaknya mereka tidur di malam hari. Lakukan seperti yang dilakukan batita dengan setidaknya 60 menit olahraga dalam sehari. Aktifitas fisik bisa menurunkan stres dan membantu orang merasa lebih rileks. Tapi jangan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena hal ini bisa membuat Anda terjaga sebelum Anda mengantuk.

Hindari obat-obatan dan narkotika. Kebanyakan orang mengira alkohol atau narkotik akan membuat mereka lebih rileks dan mengantuk, tapi semua ini salah. Obat dan alkohol justru mengganggu tidur, meningkatkan kemungkinan orang terjaga di tengah malam.

Hindari elektronik. Para ahli merekomendasikan kamar tidur digunakan hanya untuk tidur. Bila tidak bisa membebaskan tempat tidur dari teknologi, setidaknya matikan semua gadget satu jam atau lebih sebelum mematikan lampu. Tak ada yang lebih membuat Anda terbangun selain bunyi sms atau ping dari gadget Anda.

Lakukan rutinitas tidur. Tidur di waktu yang sama setiap malam membantu tubuh bisa tidur. Menciptakan rutinitas waktu tidur bisa memberi efek relaksasi. Jadi tiap malam lakukan aktifitas seperti membaca, mendengarkan musik, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan, menulis cerita, atau hal lain yang membuat Anda rileks.

Informasi kesehatan juga menyebukan kalau stres bisa memicu insomnia, jadi semakin Anda menderita karena kurang tidur, semakin besar resiko Anda tetap terjaga saat berbaring di tempat tidur. Daripada khawatir Anda tidak bisa tidur, ingatkan diri kalau Anda bisa tidur. Katakan pada diri sendiri, “Hari ini saya akan tidur dengan nyenyak,”
bebrapa kali dalam sehari. Tidur juga bisa lebih baik dengan berlatih olahraga pernafasan atau pose yoga sebelum tidur.

AFI150901(18)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY