Info Tentang Kesehatan: Menjaga Kesehatan Mata

Info Tentang Kesehatan: Menjaga Kesehatan Mata

275
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Anda pasti sudah mendengar kalau wortel dan buah serta sayuran lain bisa meningkatkan kesehatan mata dan melindungi penglihatan, dan hal ini benar. Beta karoten, jenis vitamin A yang ada di makanan ini membantu retina dan bagian mata lain berfungsi dengan baik. Tapi untuk mata yang sehat tidak hanya butuh betakaroten. Meski hubungannya dengan penglihatan belum bisa dipastikan, beberapa vitamin dan mineral juga penting untuk kesehatan mata. Info tentang kesehatan kali ini akan membahas makanan yang baik untuk mata.

Info tentang kesehatan: apa saja makanan sehat untuk mata?

Sayuran hijau
Info tentang kesehatan menyatakan kalau sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang berdasarkan penelitian dapat menurunkan resiko berkembangnya degenerasi makular dan katarak.

Telur
Kuning telur jadi sumber utama lutein dan zeaxanthin, ditambah zinc, yang juga membantu menurunkan resiko degenerasi makular.

Jeruk dan berry
Buah-buah ini adalah sumber vitamin C, yang terbukti menurunkan resiko berkembangnya degenerasi makular dan katarak.

Almond
Almond memiliki kandungan vitamin E, yang berdasarkan hasil penelitian memperlambat degenerasi makular. Satu genggam almond memberi sekitar setengah dosis kebutuhan harian vitamin E.

Selain dari faktor makanan, hal lain yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata:
Berhenti merokok
Merokok membuat Anda lebih rentan terkena katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makular. Bila Anda pernah mencoba berhenti merokok sebelumnya dan mulai merokok lagi, teruslah berusaha. Semakin sering Anda berusaha berhenti, akan lebih besar kemungkinan berhasil.

Gunakan kacamata hitam
Kacamata hitam yang tepat akan melindungi mata dari sinar ultraviolet. Terlalu banyak paparan sinar ultraviolet membuat Anda lebih beresiko menderita katarak dan degenerasi makular. Pilih kacamata hitam yang menahan 99 hingga 100 persen sinar UVA dan UVB. Bila mengenakan lensa kontak, beberapa memberi perlindungan UV. Tapi lebih baik mengenakan kacamata hitam untuk perlindungan yang lebih baik.

Info tentang kesehatan juga menganjurkan Anda melakukan beberapa hal berikut untuk melindungi mata saat bekerja dengan komputer:
– Pastikan resep kacamata atau lensa kontak diperbaharui dan sesuai untuk penggunaan komputer
– Beberapa orang membutuhkan kacamata untuk membantu bekerja dengan komputer
– Posisikan komputer agar mata sejajar dengan bagian atas monitor. Ini membuat Anda melihat tidak terlalu ke bawah layar.
– Hindari cahaya menyilaukan di komputer dari jendela atau lampu. Gunakan layar yang tidak menyilaukan mata bila dibutuhkan.
– Pilih kursi yang nyaman. Posisikan kaki datar di lantai.
– Bila mata terasa kering, perbanyak berkedip
– Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengna melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik. Setidaknya setiap 2 jam, bangkit dan istirahat selama 15 menit.

AFI150901(6)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY