Info Kesehatan: Manfaat Mencuci Tangan

Info Kesehatan: Manfaat Mencuci Tangan

325
0
SHARE
Source: panduanhidupsehat

KabarFemale— Meski terlihat bersih, tangan bisa memiliki kuman. Ketika orang sakit bersin atau batuk, kuman penyebab sakit keluar ke udara dalam bentuk tetesan kecil. Bila tetesan ini terkena tangan, dan lalu Anda menyentuh mulut, mata, atau hidung tanpa mencucinya, Anda membawa infeksi. Info kesehatan juga menyebutkan kalau Anda bisa sakit bila tidak mencuci tangan sebelum dan setelah menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, dan setelah menggunakan kamar mandi.

Info kesehatan: mencuci tangan menurunkan resiko kesehatan

Mencuci tangan tidak hanya mencegah sakit, tapi juga mengurangi resiko infeksi bagi orang lain. Bila tidak mencuci tangan dengan benar sebelum kontak dengan orang lain, Anda bisa menginfeksi mereka dengan kuman di tangan Anda. Orang lain juga bisa sakit akibat kuman dari tangan yang tidak dicuci karena bersama menggunakan benda seperti keyboard, pegangan pintu dan alat lain di rumah atau tempat kerja. Baca lebih lanjut info kesehatan ini untuk tahu cara yang benar mencuci tangan.

Kontak tangan dengan tangan bisa menyebabkan kondisi ringan seperti flu, tapi juga bisa lebih parah atau penyakit yang mengancam nyawa. Penyakit infeksi jadi resiko pada anak kecil, manula, dan orang dengan masalah sistem kekebalan seperti mereka yang mengidap HIV atau AIDS.

Meski mencuci tangan terdengar seperti hal yang sederhana, Anda perlu mengikuti langkah berikut untuk sepenuhnya menghilangkan kuman dari tangan:
– Sering cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Pembersih berbahan dasar alkohol bisa digunakan ketika tidak tersedia sabun dan air.
– Lepaskan perhiasan yang dikenakan dan basahi tangan dengan air hangat. Tambahkan sabun dan gosok tangan bersamaan, pastikan semua permukaan merata.
– Cuci bagian depan dan belakang tangan juga sela jari dan bawah kuku
– Bilas tangan hingga rata di bawah air mengalir, dengan gerakan menggosok.
– Lap dan keringkan tangan dengan lap bersih.
– Matikan keran menggunakan tissu agar Anda tidak kembali mencemari tangan. Ketika menggunakan kamar mandi umum, gunakan tissu untuk membuka pintu ketika keluar.
– Bila kulit menjadi kering, gunakan lotion pelembab.
Jika kulit Anda sangat sensitif atau pekerjaan mengharuskan Anda sering mencuci tangan, info kesehatan menyarankan Anda menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol:
– Pembersih tangan berbahan dasar alkohol bisa digunakan saat tidak tersedia sabun dan air
– Bila tangan terlihat sangat kotor, paling baik menggunakan sabun dan air. Bila tidak mungkin mencuci dengan sabun dan air, gunakan lap untuk membersihkan kotoran, lalu gunakan pembersih berbahan dasar alkohol
– Gunakan produk pembersih tangan berdasarkan instruksi. Pastikan tangan Anda kering, karena tangan yang basah akan melarutkan produk.
– Gunakan dalam jumlah cukup untuk menutup seluruh permukaan tangan dan jari
– Gosok tangan bersamaan hingga produk menguap. Bila kulit menjadi kering, gunakan lotion pelembab.

AFI150901(17)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY