Info Kesehatan: Jumlah Kalsium yang Dibutuhkan Wanita

Info Kesehatan: Jumlah Kalsium yang Dibutuhkan Wanita

149
0
SHARE
Surce: shutterstock

KabarFemale— Berapa banyak sebenarnya kalsium yang dibutuhkan wanita? Apakah jumlahnya berubah ketika wanita bertambah tua? Apakah kalsium membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah kerusakan tulang? Apakah suplemen kalsium bisa membantu? Semua pertanyaan ini akan terjawab melalui info kesehatan wanita kali ini.

Info kesehatan wanita tentang kebutuhan kalsium

Info kesehatana wanita untuk kebutuhan kalsium menyebutkan jumlah kebutuhan kalsium harian untuk wanita kurang dari usia 50 tahun adalah 1000 mg per hari dan untuk wanita lebih dari 50 tahun adalah 1200 mg. Dibutuhkan 4 gelas ukuran 8 ounce susu skim sehari untuk mendapat jumlah yang dianjurkan. Bila Anda bukan peminum susu, akan sulit mengkonsumsi 1200 mg kalsium per hari, tanpa banyak kalori dan lemak jenuh di produk turunan susu.

Beberapa sayur dan buah juga mengandung kalsium, tapi yang berwarna hijau paling banyak kandungan kalsiumnya. Bila Anda ingin mendapat kalsium dari jeruk, Anda perlu makan 22 jeruk sehari dan itu pasti sulit dilakukan. Bila Anda ingin mendapat kalsium dari makanan laut, Anda perlu makan sardin atau salmon untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Lagi-lagi ini sulit dilakukan.

Beberapa makanan diperkaya kalsium seperti jus jeruk dan sereal tapi Anda mungkin perlu mengkonsumsi lebih dari yang Anda inginkan untuk mendapat jumlah kalsium yang dianjurkan. Kita tidak bisa mendapat semua kalsium yang dibutuhkan hanya dari satu jenis makanan.

Kebutuhan suplemen kalsium

Penelitian menunjukkan kalau kalsium tingkat tinggi dari suplemen bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Satu penelitian pada wanita menopause menunjukkan wanita yang minum 1000 mg kalsium sehari memiliki peningkatkan resiko serangan jantung.
Penelitian juga menunjukan kalau kalsium tidak bisa dengan baik dimanfatkan oleh tubuh tanpa vitamin D yang cukup. Dan vitamin D kadang sulit didapat hanya dari makanan. Rekomendasi harian untuk vitamin D adalah 600 IU dan 800 IU untuk orang usia lebih dari 70 tahun. Beberapa makanan seperti susu diperkaya vitamin D tapi sumber terbaik adalah sinar matahari. Tapi kemampuan kulit untuk mengubah sinar matahari menjadi vitamin D bertambah buruk seiring usia.

Rekomendasi dari Harvard University bisa menajadi berita baik untuk Anda. Disebutkan kalau kita hanya butuh sekitar setengah dari jumlah kalsium yang direkomendasikan untuk mendapat tulang yang sehat.

Info kesehatan wanita menyebut jumlah 500 hingga 700 mg kalsium per hari sesuai dengan rekomendasi WHO. Kebanyakan wanita bisa mendapat setengah dari jumlah ini melalui makanan dan bila dibutuhkan bisa ditambah suplemen dengan dosis kalsium yang rendah.

AFI150801(13)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY