Hal Yang Jadi Penyebab Kehamilan Kosong

Hal Yang Jadi Penyebab Kehamilan Kosong

298
0
SHARE
Hal Yang Jadi Penyebab Kehamilan Kosong
Source : idiva.com

KabarFemale – Kehamilan kosong atau yang juga disebut dengan blighted ovum adalah sebuah keadaan di mana wanita mengalami hamil di luar kandungan. Jika normalnya kehamilan terjadi di dalam kandungan, pada kehamilan kosong janin tidak menempel di tempat yang seharusnya. Apa yang menjadi penyebab kehamilan kosong?

Penyebab Kehamilan Kosong

Ketika mengalami kehamilan kosong atau blighted ovum, wanita akan mengalami gejala kehamilan yang sama seperti kehamilan normal lainnya. Anda akan mengalami keterlambatan menstruasi, morning sickness, perubahan pada payudara, mood swing dan juga lainnya. Bahkan ketika diperiksa menggunakan testpack, Anda juga akan menemukan hasil positif. Yang perlu diketahui kemudian adalah penyebab kehamilan kosong. Mari kita simak di bawah ini.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa yang menjadi penyebab kehamilan kosong adalah :

– Kualitas sel telur dan juga sel sperma tidak baik sehingga tidak terbuahi dengan baik.

– Kehamilan terjadi di umur yang terlalu muda atau juga terlalu tua (biasanya di atas 40 tahun)

– Gagalnya sperma menembuh sel telur yang matang

– Terkena radiasi sinar X

– Virus tertentu seperti Torch virus

Lalu bagaimana kehamilan kosong bisa terjadi? Pada awalnya, sel telur yang sudah matang bertemu dengan sel sperma, namun tidak bisa berkembang sempurna. Yang terbentuk hanyalan plasenta dengan isi cairan. Plasenta ini kemudian menghasilkam HCG atau humah chorionic gonadotropin setelah fase implantasi. Hormon ini kemudian memberikan sinyal ke ovarium dan otak bahwa konsepsi di dalam rahim sudah membuahkan hasil. Karena inilah kadar HCG akan meningkat seperti kehamilan pada umumnya.

Hal tersebut juga yang menyebabkan terjadinya gejala-gejala kehamilan seperti mual hingga munculnya tanda positif pada alat tes kehamilan. Bahkan ketika Anda memeriksa dengan laboratorium pun akan menunjukkan hasil positif.

Untuk mengetahui apakah kehamilan Anda kosong atau tidak, ada baiknya memeriksakan diri di awal kehamilan. Dengan begitu, dokter kandungan akan melakukan tindakan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Umumnya dokter akan melakukan kuret dan juga memberikan obat-obatan.

Karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Jika Anda merasa ada yang tidak baik dengan kehamilan Anda, ada baiknya Anda mengonsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Lebih baik mendeteksi dari awal daripada terjadi resiko yang tidak diinginkan. Yuk, ladies, menjaga kesehatan sebelum kehamilan, selama kehamilan hingga hari persalinan tiba. Semoga artikel ini membantu Anda ya!

BFI15030213

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY