Gejala Awal Kehamilan: Kelelahan

Gejala Awal Kehamilan: Kelelahan

132
0
SHARE
Source : sheknows.com

KabarFemale—Merasa lelah adalah gejala awal kehamilan yang umum terjadi, tapi tak selalu terkait dengan hormon kehamilan. Di hari-hari awal kehamilan, rasa lelah adalah gejala yang wajar, tapi tidak selalu berhubungan dengan kondisi hormonal atau pertumbuhan janin.

Berapa lama kelelahan sebagai gejala awal kehamilan berlangsung?

Beberapa wanita yang baru hamil menjadi sangat kelelahan sebagai gejala awal kehamilan selama 12 mingu pertama kehamilan. Ini bisa terasa tak ada habisnya dan pada banyak kasus sangat membuat frustasi terutama jika Anda tidak memiliki energi untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Meski mendapat tidur selama 10 hingga 12 jam, Anda akan terbangun tetap dengan rasa lelah.

Tanda dan gejala awal kehamilan lainnnya berupa:
– Tidak menstruasi
– Perubahan suhu tubuh dan aliran darah
– Perubahan pada payudara dan puting
– Buang air kecil lebih sering
– Kembung, kram, dan sakit punggung
– Morning sickness
– Peningkatan air liur
– Pusing
– Sakit kepala
– Konstipasi

Ketika tubuh menyesuaikan perubahan yang diperlukan untuk janin yang sedang tumbuh, rasa lelah mulai menghilang, sekitar minggu 12 hingga 14 kehamilan, ini membuat Anda lebih berenergi dan bersemangat.

Pada beberapa kasus, rasa lelah semakin parah karena faktor gaya hidup. Misalnya, jika ini bukan kehamilan pertama, Anda terus merasa lelah karena Anda memiliki anak yang lebih besar.

Penting untuk beristirahat ketika memungkinkan dan mendengarkan tubuh ketika Anda merasa perlu melakukan semuanya dengan perlahan. Jika mungkin, istirahatlah dan berbaring serta tidur di malam hari lebih awal. Naikkan posisi kaki di siang hari. Minta teman atau kerabat untuk membantu menjaga anak yang lebih besar selama beberapa jam agar Anda bisa beristirahat dan tidur.

Faktanya, hanya ada sedikit hal yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan rasa lelah selain mengubah gaya hidup dan tidak menjadwalkan banyak aktifitas. Tubuh wanita hamil bekerja lebih keras dibanding tubuh orang yang tidak hamil. Lagi pula, tubuh Anda sedang menjalani bentuk kehidupan yang baru, menciptakan aliran darah dan melewati perubahan besar.

Istirahat yang cukup dan tidur siang kini wajib bagi Anda, jadi lakukan apa saja untuk bisa mendapat waktu istirahat lebih banyak. Pastikan juga untuk makan dengan baik karena rasa lelah bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi dan gula darah yang rendah. Baik juga bila Anda menghindari kafein dan cemilan berpemanis yang bisa menurunkan stamina tubuh. Bila rasa lelah disertai nafas terengah dan detak jantung cepat maka waktunya Anda berkonsultasi dengan dokter.

BFI150403(12)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY