Chloasma (Topeng Kehamilan)

Chloasma (Topeng Kehamilan)

382
0
SHARE
© castleknockcosmetics

RajaNego—Belum waktunya Halloween tapi wajah Anda terlihat seperti memakai topeng selama hamil, kenapa ya? Bila ada bagian kulit seperti bernoda, berwarna gelap atau kecoklatan pada dahi, bibir atas, dan pipi, berarti Anda mengalami chloasma atau yang sering disebut topeng kehamilan. Tapi Anda tidak sendirian, kondisi ini terjadi pada 50 hingga 75 persen calon ibu.


Penyebab Chloasma:

Topeng kehamilan muncul ketika peningkatan estrogen menstimulasi produksi melanin berlebih (juga dikenal dengan hiperpigmentasi). Ini berarti bintik dan tahi lalat Anda terlihat lebih gelap, mungkin juga ada garis gelap di pusat perut (linea nigra) dan areola menjadi lebih kehitaman. Anggap saja kondisi ini membuat Anda terlihat seksi.

Chloasma umum terjadi pada wanita berkulit lebih gelap, atau keturuan Asia dan Afrika, yang sudah memiliki lebih banyak pigmen di kulit. Terkena sinar matahari bisa membuat chloasma semakin parah.

Chloasma hanya bersifat sementara dan biasanya hilang dengan sendirinya setelah melahirkan, pada beberapa kasus, setelah selesai menyusui. Yang bisa Anda lakukan:

  • Perbanyak asam folat. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat. Anda banyak mendapatkan asam folat dari suplemen kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan asam folat berhubungan dengan hyperpigmentation. Pilihan sayuran dengan banyak kandungan asam folat antara lain yang berwarna hijau gelap, jeruk, dan sereal.
  • Lindungi kulit. Kenakan tabir surya dengan SPF tinggi, setidaknya 15, idealnya 30 atau lebih, pada wajah sepanjang hari, setiap hari. Meski Anda tidak keluar rumah, karena terpapar matahari akan membuat topeng kehamilan semakin terlihat. Gunakan kaca mata hitam dan topi lebar ketika keluar rumah.
  • Samarkan. Gunakan alas bedak dan concealer yang hipoalergenik dan bisa menutupi hiperpigmentasi. Sesuaikan dengan jenis kulit, tapi pastikan concealer lebih ringan dari produk yang biasa Anda gunakan dan aplikasikan pada area kulit yang bernoda. Lalu gunakan alas bedak pada wajah, hindari area yang bernoda. Jika concealer yang Anda gunakan menyebabkan masalah lain misalnya kulit berminyak dan kulit sensitif, beralihlah ke bedak padat untuk meringankan noda.
  • Jangan gunakan produk kimia untuk mencerahkan kulit selama hamil atau selama menyusui, karena bisa berpotensi menembus kulit. Penyinaran dengan laser juga harus dihindari. Jika chloasma masih belum hilang setelah Anda menyapih si kecil, tanyakan pada ahli kulit tentang pengobatan yang tepat.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY