Cara Menyimpan ASI di Kulkas

Cara Menyimpan ASI di Kulkas

179
0
SHARE
Cara Menyimpan ASI di Kulkas

KabarFemale – Ibu  yang terbaik pasti ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk juga untuk apa yang dikonsumsi oleh si kecil. Saat usia bayi masih dini, salah satu makanan yang harus dikonsumsi adalah ASI. Nah, ada kalanya ibu menyusui memiliki produksi ASI berlebih atau harus bekerja sambil menyusui. Tidak heran, Anda tentu harus memilih solusi yang tepat yaitu dengan mengetahui cara menyimpan ASI di kulkas.

Cara Menyimpan ASI di Kulkas

Cara menyimpan ASI di kulkas tidak seperti menyimpan makanan atau minuman lainnya. ASI yang disimpan untuk dikonsumsi lagi tentu harus layak dalam cara penyimpanannya. Apalagi susu adalah cairan yang mudah rusak jika disimpan dengan cara yang salah. Nah, agar Anda tidak membahayakan kesehatan si kecil, Anda harus mengikuti tips berikut ini :

1. Anda harus menyimpan ASI di tempat dengan bahan beling atau plastik. Dan tidak lupa dengan tutup yang kedap udara sehingga tidak akan ada bakteri atau kuman yang masuk selama proses penyimpanan. Anda bisa menggunakan kantong untuk menyimpan ASI namun gunakan yang khusus untuk ASI.

2. Jangan lupa untuk selalu mensterilkan botol atau wadah untuk menyimpan ASI dengan air hangat dan juga sabun untuk mencuci yang khusus untuk botol bayi. Anda juga bisa mensterilkan botol dengan merebusnya dengan aturan yang ada. Nah, untuk mengeringkannya Anda bisa melakukannya dengan cara alami atau dengan lap bersih.

3. Pastikan jika Anda memilih tempat botol ASI yang memiliki label BPA-free karena aman jika terkena panas.

Nah, dalam penyimpanannya Anda harus mengikuti hal-hal ini :

– Pastikan ASI langsung masuk ke dalam kulkas setidaknya 1 jam setelah dipompa. Ini demi menghindari masuknya bakteri dan juga benda-benda asing yang bisa membahayakan ASI ketika dikonsumsi.

– Jangan lupa untuk memberi label tanggal dan juga jam ketika Anda menyimpannya. Ini akan memudahkan Anda untuk mengingat mana ASI yang sudah di dalam kulkas terlebih dahulu dan segera memberikannya pada bayi.

– Bagilah ASI menjadi beberapa bagian. Ada baiknya jika Anda mengisi botol tidak sampai penuh atau mencapai leher botol atau sekitar beberapa sentimeter. Beri ruang untuk ASI berkembang ketika disimpan nanti.

– Jangan pernah mencampur ASI yang baru dipompa dengan ASI yang sudah masuk kulkas. Ini demi menjaga kualitas dari ASI itu sendiri.

– Untuk susu yang dimasukkan ke kulkas dengan suhu 4 derajat Celcius, Anda harus menyimpannya tidak lebih dari 5 hari.

– Jika Anda ingin memompa ASI di kantor, Anda bisa menyimpannya dulu di kulkas kantor dan jangan lupa untuk memakai termometer untuk memantau suhu seperti yang diinginkan.

– Jika dimasukkan ke dalam freezer, Anda bisa menyimpannya hingga 2 minggu. Suhunya sekitar minus 15 derajat Celcius.

BFI15040250

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY