Cara Menyapih Batita (2)

Cara Menyapih Batita (2)

182
0
SHARE
Cara Menyapih Batita (2)
source : tribunnews.com

KabarFemale-Berikut ini lanjutan dari informasi tentang cara menyapih batita.

Perpendek sesi menyusui
Bila Anda selalu membolehkan anak menyusu hingga selesai, sekarang sudah waktunya untuk memperpendek waktu menyusu. Mulailah menyela sesi menyusu dengan memintanya melakukan hal lain seperti jalan-jalan ke taman atau pergi ke rumah nenek.

Sembunyikan payudara Anda
Payudara Anda menjadi pengingatnya untuk menyusu, jadi Anda perlu menyembunyikannya untuk sementara waktu. Kenakan pakaian yang tidak memudahkannya mencapai payudara Anda dan tutupi dari penglihatannya. Juga jangan melepas pakaian di depan anak selama beberapa minggu hingga ia terbiasa dengan proses penyapihan.

Mulai mengatakan tidak
Kadang Anda juga perlu mengatakan tidak pada batita. Anda tidak harus selalu mengatakan ya untuk semua hal demi menjadi ibu yang baik. Membuat batasan rasional penting untuk perkembangan anak Anda. Mulai katakan tidak pada saat ia minta menyusu, jelaskan dengan baik kapan ia boleh menyusu. Misalnya, “Ade lom boleh nen sampe siang nanti ya.” Anak mungkin kesulitan untuk menyesuaikan, jadi pastikan Anda punya banyak aktifitas menyenangkan untuk membuat masa transisi ini menjadi lebih mudah.

Tidak menyusui untuk menidurkan anak
Banyak ibu yang merasa hal ini paling sulit. Bila anak selalu menyusu untuk membantunya tertidur di malam atau siang hari, atau ketika ia menangis di tengah malam, berhenti melakukannya terlihat sangat sulit. Tapi, jangan khawatir, tak perlu terburu-buru melakukannya. Mulailah dengan perubahan rutinitas secara perlahan, misalnya, bukan menyusui di tempat tidur, tapi menyusui terakhir kali di siang hari di ruangan lain. Sebelum anak tertidur, pindahkan ia ke tempat tidur, lalu tenangkan anak agar bisa tidur tanpa menyusu. Ketika anak sudah terbiasa dengan perubahan ini, perpendek waktu menyusu, dan perbanyak rutinitas sebelum tidur, misalnya dengan membaca buku cerita atau bernyanyi.

Mewaspadai tanda bahaya
Beberapa anak disapih dengan mudah tanpa rewel, yang lain membutuhkan proses yang sulit. Waspadai perubahan mendadak pada perilaku anak, misalnya tantrum atau marah tanpa sebab. Perubahan perilaku ini sering menjadi cara anak mengungkapkan perasaannya.

Bila Anda merasa anak kesulitan untuk beradaptasi, hentikan proses menyapih dan coba lagi beberapa minggu kemudian. Yang juga perlu diingat, pada usia dua tahun batita biasanya mengalami tumbuh gigi geraham, jadi ini menjadi waktu yang tidak tepat untuk menyapih. Jika batita sedang tumbuh gigi dan tidak dalam kondisi baik, tunda dulu penyapihan agar nantinya proses ini akan lebih mudah bagi Anda berdua.

 

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.