Cara Menyapih Batita (1)

Cara Menyapih Batita (1)

134
0
SHARE
Cara Menyapih Batita (1)
source : ibudanmama.com

KabarFemale—Manfaat menyusui masih tetap ada pada tahun pertama anak, dan ini yang menjadi salah-satu alasan kenapa banyak wanita melanjutkan menyusui setelah anak berumur 1 tahun. Batita tetap menerima manfaat nutrisi dan perlindungan imunitas melalui menyusui, juga keamanan emosional dan koneksi ibu-anak yang berasal dari kegiatan menyusui.

Menyapih bervariasi dalam berbagai budaya, tapi biasanya anak disapih pada usia antara 2 hingga 4 tahun. Menyapih secara perlahan memberi kesempatan anak terbiasa dan beradaptasi pada perubahan. Beberapa ibu memilih pendekatan “jangan menawarkan, jangan menolak.” Dengan cara ini para ibu mengurangi sesi menyusui tanpa menolak permintaan ASI. Ada juga ibu yang menolak saat anak minta disusui. Buat batasan realistis untuk Anda dan si kecil. Tidak ada pendekatan yang sesuai untuk semua orang tentang meyapih. Yang berhasil bagi ibu lain belum tentau sesuai untuk Anda dan si kecil.

Berikut ini beberapa tips yang bermanfaat ketika Anda memulai proses menyapih si kecil:

Tidak terburu-buru
Hal pertama yang perlu diingat, menyapih membutuhkan waktu. Tidak ada rentang waktu yang pasti tentang bagaimana penyapihan akan berlangsung, tiap kasus berbeda. Hindari menetapkan jangka waktu untuk diri sendiri, tapi fokuslah pada tujuan yang lebih kecil, misalnya mengurangi jumlah sesi menyusui. Dengan bersikap fleksibel dan berpikiran terbuka akan membantu Anda menghindari stres bahkan menikmati prose menyapih.

Mengubah rutinitas
Mengubah kegiatan sehari-hari menjadi cara untuk mengalihkan anak dari pola menyusui yang biasa. Pastikan Anda berpakaian rapi ketika bayi terbangun di pagi hari. Ini bisa mengalihkannya dari kebiasaan menyusui di pagi hari. Keluar rumah di waktu biasa menyusui jadi cara lain untuk mengurangi sesi menyusui.

Melibatkan pasangan
Minta pasangan untuk menenangkan si kecil saat terbangun di malam hari. Ibu yang menyusui seringkali bangun ketika anak terjaga karena mereka bisa dengan mudah menenangkannya dan membuat anak kembali tidur dengan disusui. Minta pasangan menawarkan air atau cemilan sehat di malam hari dan menidurkannya kembali.

Bersikap jujur
Anak-anak sering memahami lebih dari apa yang bisa mereka lihat, jadi jangan berasumsi anak terlalu kecil untuk mengerti percakapan tentang menyapih. Mulailah berbicara tentang menyapih, dan bagaimana suatu hari ia tidak perlu ASI lagi. Jika puting Anda terasa sakit, beritahu dan jelaskan kalau Anda tidak bisa menyusuinya untuk saat ini.

Tawarkan makanan atau minuman
Anak minta menyusu mungkin karena lapar atau haus, dan cara terbaik untuk mengatasi rasa lapar dan haus adalah dengan menyusu, lagi pula cuma ASI yang ia tahu sejak lahir. Jika Anda melihat tanda anak akan mulai meminta menyusu, tawarkan cemilan atau minuman favoritnya.

 

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY