Cara Menjaga Kesehatan Yang Bisa Anda Lakukan

Cara Menjaga Kesehatan Yang Bisa Anda Lakukan

145
0
SHARE
source : askeps.com

KabarFemale—Telah terbukti kalau pemicu kematian seperti penyakit jantung, kanker, stroke, penyakit paru-paru, cedera, dan HIV/AIDS sering kali bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan sehat. Makan dengan benar, bergerak aktif, dan tidak merokok jadi beberapa contoh cara menjaga kesehatan yang membantu Anda tetap sehat.

Apa saja cara menjaga kesehatan yang bisa dilakukan?

Makan dengan benar
Cara menjaga kesehatan yang pertama melalui makan makanan yang tepat dan jumlah makanan yang sesuai untuk membantu Anda hidup lebih lama dan lebih sehat. Penelitian menunjukkan kalau banyak penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi bisa dicegah atau dikontrol melalui makan dengan benar. Mendapat nutrisi yang dibutuhkan, seperti kalsium dan zat besi, dan menjaga berat badan terkontrol akan sangat membantu. Coba seimbangkan kalori yang Anda peroleh dari makanan dengan kalori yang Anda gunakan melalui aktifitas fisik. Tak ada kata terlambat untuk mulai makan dengan benar. Makanalah berbagai variasi makanan, terutama sayur, pilih sayuran dengan warna hijau dan kuning gelap. Untuk buah, pilih buah seperti melon dan jenis berries.

Kontrol berat badan
Berat badan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa memicu masalah kesehatan. Setelah usia 45 tahun, banyak orang menambah berat badan terlalu banyak. Anda bisa mengontrol berat badan dengan makan makanan sehat dan bergerak aktif. Tanyakan dokter tentang berat badan yang sehat untuk Anda dan cara untuk mengontrolnya.

Bergerak aktif
Penelitian menunjukkan kalau aktifitas fisik bisa membantu mencegah setidaknya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, osteoporosis, dan gangguan mental seperti depresi. Aktifitas fisik juga akan membuat Anda merasa lebih baik dan tetap memiliki berat badan yang sehat.
Penelitian menyarankan jalan kaki sebagai aktifitas fisik rutin. Coba lakukan selama 30 menit.
Sebelum mulai latihan aktif:
– Bicara pada dokter tentang cara memulainya
– Pilih kegiatan yang sesuai dengan kegiatan seharian Anda seperti berjalan kaki,
berkebun, atau bahkan membersihkan jendela
– Pilih aktifitas yang Anda sukai seperti berdansa atau berenang
– Coba aktifitas baru seperti bersepeda
– Ajak teman untuk menemani Anda.

Jangan mudah berhenti melakukan aktifitas fisik, karena ini jadi cara menjaga kesehatan yang baik. Luangkan waktu khusus untuk melakukannya, mulai perlahan dan konsisten. Bila cuaca tidak mendukung, coba ikuti tayangan latihan fisik di TV dan lakukan di sekitar rumah.

 

 

AFI150901

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY