Cara Menjaga Kesehatan Kulit untuk Para Ibu

Cara Menjaga Kesehatan Kulit untuk Para Ibu

205
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Pasti sangat menyenangkan bila kita memiliki kulit yang mulus dan bebas keriput. Tahukah Anda kalau apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh jadi hal penting untuk melawan faktor lingkungan seperti radiasi ultraviolet dan radikal bebas. Para ahli menjelaskan nutrisi dan antioksidan yang bisa menjadikan kesehatan kulit Anda terjaga.

Yang harus dimakan untuk kesehatan kulit yang baik

Makanan yang kaya kandungan air
Jangan hanya minum air putih tapi Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya air terutama sayuran dan buah mentah untuk kesehatan kulit. Ini tidak hanya akan membantu tubuh menahan air lebih lama, tapi Anda juga mendapat antioksidan, serat, dan nutrisi yang penting lainnya. Anda bisa makan timun, alpukat, mangga, brokoli, dan bayam.

Polyphenol
Anti oksidan ini memiliki efek anti peradangan dan akan membantu melindungi dari radikal bebas. Polyphenol biasanya memberi pertahanan terhadap radiasi ultraviolet. Penelitian terbaru telah menunjukkan kalau pola makan yang kaya kandungan polyphenol membantu melawan berkembangnya kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan banyak lagi.

Carotenoid
Anti oksidan ini ditemukan di berbagai buah dan sayuran dan dapat melindungi Anda dari kerusakan kulit, jadi selalu sertakan karotenoid dalam menu harian Anda. Sebagai anti oksidan, karotenoid melindungi sel dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, radiasi, polutan, asap rokok, dan stres. Makanlah tomat dan melon untuk mendapat banyak karotenoid.

Lycopene
Lycopene mengurangi resiko beberapa jenis kanker, juga membantu Anda terhindar dari kanker kulit. Penelitian menunjukkan kalau lycopene yang digabungkan dengan karotenoid lain, bisa mengurangi luka bakar dan kerusakan pada kulit akibat sinar ultraviolet. Beberapa makanan yang mengandung lycopene seperti produk tomat, semangka, jambu biji.

Beta karotene
Beta karoten akan melindungi Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga membentuk vitamin A. Vitamin A penting untuk penglihatan, pertumbuhan, kesehatan kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Beta karoten juga bisa menstimulasi respon kekebalan dan melindungi dari beberapa jenis kanker. Sertakan wortel, bayam, mangga, dan aprikot pada makanan Anda untuk mendapat beta karoten yang cukup.

Vitamin E
Yang tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan kulit adalah vitamin E. vitamin E berperan dalam fungsi kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan proses metabolisme lainnya. Dengan vitamin E Anda jadi tidak sering sakit dan proses pemulihan lebih cepat.

AFI150801 (14)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY