Cara Meningkatkan Jumlah ASI

Cara Meningkatkan Jumlah ASI

176
0
SHARE
source : luvizhea.com

KabarFemale—Ketika pertama kali menyusui, tentu ada banyak hal yang Anda khawatirkan. Salah-satunya apakah si kecil mendapat ASI yang cukup atau bagaimana cara meningkatkan jumlah ASI. Kadang muncul tanda yang salah diartikan, misalnya bayi yang menyusu sebentar dibanding yang Anda perkirakan. Bila bayi tidak menambah berat badan, maka waktunya untuk meningkatkan ASI.

Sebelum menjadi panik tentang seberapa banyak ASI yang Anda produksi, ingat kalau Anda mungkin memilikie kspektasi yang tidak realistis. Anda mengira bayi perlu lebih banyak ASI karena ia tidak tidur sepanjang malam atau bayi tidak menyusu dengan jadwal yang teratur. Faktanya, mungkin bayi hanya sedang tidak mood atau ia sedang rewel. Ini tidak berarti Anda memproduksi ASI terlalu sedikit.

Untuk memastikan bayi mendapat ASI yang cukup, awasi penambahan berat badannya. Beberapa bayi baru lahir berkurang berat badannya di awal, tapi mereka bisa kembali menambah berat badan setelah beberapa hari. Bila bayi mulai menambah berat badan antara 5 hingga 7 hari setelah lahir, Anda berarti memproduksi ASI yang cukup. Tapi bila bayi tetap di berat yang sama atau berkurang, Anda perlu meningkatkan produksi ASI.

Susui bayi dengan benar
Menyusui bayi dengan benar sangat penting dalam proses menyusui. Bayi bisa menstimulasi produksi ASI ketika ia diberi makan dengan efisien. Anda harus pastikan bayi melakukan pelekatan dengan benar. Bayi perlu melakukan pelekatan dengan baik agar ASI keluar. Konsultasikan dengan konsultan laktasi untuk memastikan bayi melakukan pelekatan dengan baik, dan pompa ASI diantara waktu menyusui untuk menambah pemberian ASI melalui botol susu bila bayi tidak melakukan pelekatan sebagaimana mestinya.

Berganti sisi ketika menyusui
Ketika bayi mulai kehilangan minat atau tertidur, bangunkan ia untuk lebih banyak menyusu dengan mengganti payudara. Coba ganti sisi payudara setidaknya satu kali selama menyusui atau lebih sering bila memungkinkan. Menawarkan dua payudara selama menyusui juga bisa membantu menjaga produksi ASI sama pada kedua sisi, yang akan memastikan pemompaan ASI jadi lebih mudah.

Memompa ASI
Jangan takut memompa ASI. Coba tingkatkan persediaan ASI dengan memompa di sela waktu menyusui. Ini membantu tubuh menciptakan lebih banyak ASI. Ketika memompa, Anda mengosongkan payudara sepenuhnya. Jaga produski ASI tetap tingi dengan memompa dan menyimpan ASI di lemari pendingin yang bisa digunakan ketika Anda perlu istirahat dan pasangan ingin membantu memberi ASI ke si kecil.

 

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY