Cara Meningkatkan Imunitas Bayi Saat Hamil (1)

Cara Meningkatkan Imunitas Bayi Saat Hamil (1)

155
0
SHARE
Cara Meningkatkan Imunitas Bayi Saat Hamil (1)
source : evoucher.co.id

KabarFemale— Saluran gastrointestinal mengubah kumpulan nutrisi, bakteri, dan patogen. Sistem ini meningkatkan kesehatan ketika bakteri baik tumbuh dan berkembang, sehingga bakteri berbahaya kurang mendapat kesempatan untuk merusak sistem tubuh. Tapi gangguan keseimbangan bisa memicu penyakit. Mikroba pertama yang berkoloni pada usus bayi akan jadi lintasan untuk fungsi kekebalan selama hidupnya. Berikut ini 5 strategi yang bisa membantu memaksimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh bayi di saat Anda hamil.

Mulai saat hamil atau sebelumnya bila memungkinkan
Saat lahir, bayi memiliki saluran gastrointestinal yang steril yang dikoloni oleh mikroflora mulai saat lahir. Tapi melihat contoh darah pada tali pusar dan feses pertama bayi, penelitian menemukan kalau bayi sudah memiliki bakteri dalam usus. Peneliti percaya bayi memperolehnya dari sistem pencernaan ibu selama hamil. Karena bakteri yang teridentifikasi bisa dipengaruhi oleh makanan dan gaya hidup, makan dengan baik dan tetap sehat selama hamil jadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menolong berkembangnya sistem kekebalan tubuh bayi.

Makanlah variasi makanan yang bernutrisi dan batasi jumlah makanan yang diproses, yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Pilih makanan yang rendah gula dan lemak. Jika bisa, makan makanan organik untuk membatasi paparan bayi terhadap zat potensial berbahaya. Bila Anda merokok, berhentilah saat hamil. Bila faktor gaya hidup lain merintangi kesehatan Anda seperti kelebihan berat badan, berusahalah untuk mengubahnya sebelum hamil. Ada banyak manfaat gaya hidup sehat sebelum dan selama hamil. Penelitian terbaru juga telah menunjukkan kalau dengan mengadopsi gaya hidup sehat sebelum hamil, Anda bisa mengurangi kemungkinan diabetes gestasional hingga 83 persen.

Maksimalkan kemungkinan melahirkan secara normal
Cara Anda melahirkan bisa memberi perbedaan pada sistem kekebalan tubuh bayi. Bayi yang lahir melalui bedah sesar dikoloni oleh jenis bakteri berbeda dibanding mereka yang lahir secara normal. Misalnya, satu penelitian menemukan tingkat C.difficile lebih tinggi. C.difficile merupakan infeksi yang bisa menyebabkan diare dan masalah usus pada bayi yang lahir melalui bedah sesar. Di penelitian yang sama bayi yang lahir secara normal memiliki tingkat C.difficile rendah, tapi memiliki tingkat bibidobakteria lebih tinggi. Bifidobacteria penting untuk fungsi usus, sebagai bakteri baik yang meningkatkan kesehatan. Anda bisa mengurangi resiko bedah sesar dengan tetap aktif dan makan dengan baik selama hamil, hindari induksi dini, dan gunakan pereda sakit alami selama hamil.

 

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY