Cara Mengurangi Demam Anak

Cara Mengurangi Demam Anak

215
0
SHARE
Source: kompas

KabarFemale—Demam adalah suhu tubuh yang tinggi dan biasanya pada kasus anak, suhu tubuh yang lebih dari 37,5 derajat Celsius. Ketika anak terkena demam, bisa dimengerti bila Anda cemas tapi Anda harus ingat kelau ini umum terjadi pada anak dan biasanya akan hilang tanpa diobati. Cara mengetahui kalau anak terkena demam adalah dengan menggunakan termometer dan setelahnya Anda bisa melakukan beberapa pilihan untuk mengurangi demam pada bayi.

Makan dan minum dengan benar
Ketika anak terkena demam, Anda harus pastikan ia mengkonsumsi banyak cairan. Jangan berikan terlalu banyak jus apel atau jus buah lain. Meski anak bisa makan ketika demam, jangan paksa ia untuk makan. Biasanya paling baik memberikan makanan lunak yang rendah serat dan tidak pedas.

Jangan selimuti tubuh anak
Jangan pakaikan baju tebal atau berlapis serta selimut ketika anak mengalami demam meski ia merasa kedinginan. Ini akan mencegah demam berkurang atau membuatnya bertambah parah. Sebaiknya pakaikan baju satu lapis atau pakaian yang tipis dan gunakan selimut tipis di malam hari. Jaga kamar di suhu yang nyaman dan gunakan kipas untuk ruangan yang pengap atau panas.

Beri obat yang sesuai
Ibuprofen dan acetaminophen bisa membantu mengurangi demam pada anak dan pada beberapa kasus, dokter merekomendasikan penggunaan kedua obat ini. Bila anak Anda berusia di bawah 3 bulan, selalu tanyakan ke dokter sebelum memberi obat jenis apapun.

Untuk menentukan informasi dosis, lihat bagian kemasan dan cari dosis berdasarkan berat badan anak. Acetaminophen harus diberikan setiap 4 hingga 6 jam sedangkan ibuprofen harus diminum setiap 6 hingga 8 jam tapi jangan berikan pada anak di bawah usia 6 bulan. Pastikan Anda tidak memberikan aspirin tanpa berkonsultasi dengan dokter. Suhu tubuh anak tidak perlu kembali normal untuk membuatnya merasa nyaman.

Mandikan anak
Bagaimana cara mengurangi demam pada bayi dengan cepat? Anda bisa coba kurangi demam dengan memandikannya menggunakan air hangat. Ketika air menguap dari kulitnya, ini akan menyejukkan tubuh dan mengurangi demam. Jangan gunakan air dingin karena bisa memicu menggigil yang akan meningkatkan demam. Anda juga harus hindari menggosokkan alkohol ke tubuh anak karena bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat atau keracunan alkohol.

Atasi menggigil
Kemungkinan anak merasa kedinginan ketika ia mengalami demam. Bila ini terjadi, tutupi tubuhnya dengan selimut tipis. Tanda anak perlu ditutupi tubuhnya adalah bila ia menggigil, tapi jangan gunakan selimut yang tebal.

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY