Cara Mengetahui Usia Kehamilan, Yang Mana Pilihan Anda?

Cara Mengetahui Usia Kehamilan, Yang Mana Pilihan Anda?

317
0
SHARE
Cara Mengetahui Usia Kehamilan, Yang Mana Pilihan Anda?
Source : telegraph.co.uk

KabarFemale—Dokter menggunakan metode berbeda-beda sebagai cara mengetahui usia kehamilan. Tes yang paling umum adalah USG, yang mengukur ukuran kantong gestasional dan panjang antara tubuh atas dan bawah untuk menentukan usia janin dalam hitungan minggu. Metode umum lain adalah melalui periode menstruasi dan tes hCG.

Cara mengetahui usia kehamilan dengan USG

USG sebagai cara mengetahui usia kehamilan menggunakan gelombang suara yang melewati perut dan terpantul kembali ke mesin USG untuk menciptakan gambar fisik janin. Selama USG, dokter akan memberi beberapa tanda di layar. Tanda ini digunakan untuk mengukur kantong gestasional dan panjang kepala dan bokong. Jika USG dilakukan setelah kehamilan minggu 6, panjang janin dari kepala ke bokong ditambahkan ke 6 minggu untuk menentukan usia gestasional. Misalnya panjang dari kepala ke bokong 21 mm, usia gestasional janin adalah 9 minggu (6 minggu ditambah 21 hari = 9 minggu). Bila USG dilakukan sebelum kehamilan 6 minggu, usia ditentukan berdasarkan faktor lain termasuk ukuran janin dan perkembangan kantong gestasional.

Cara mengetahui usia kehamilan dengan periode menstruasi terakhir

Dengan menggunakan hari pertama siklus menstruasi terakhir, usia gestasional bisa ditentukan (ditamban atau dikurangi 2 minggu). Dokter menambahkan 280 hari pada hari pertama siklus menstruasi terakhir untuk menetukan tanggal perkiraan kelahiran. Berdasarkan angka tanggal hari ini, usia gestasional ditentukan. Angka ini tidak selalu akurat, tapi bisa menjadi indikasi untuk ukuran janin.

Cara mengetahui usia kehamilan dengan tes serum hCG

HCG atau chorionic gonadotropin ditemukan pada darah semua wanita hamil. Tes serum HCG sering dilakukan sebagai bagian dari tes untuk mengetahui cacat lahir yang dilakukan antara minggu 15 hingga 20 kehamilan, tapi pada beberapa kasus, dokter memerlukan tes darah sebelum menjadwalkan pemeriksaan kehamialn pertama. Selama 3 minggu pertama kehamilan, tingkat serum HCG berkisar 5 hingga 50, dengan rata-rata tingkat pengukuran 14,21 dan 42 miu/ml. Tingkat pada minggu 4 rentangnya dari 10 hingga 425, dan tingkat di minggu 5 rentangnya dari 19 ke 7340. Dari sini, tingkat hCG terus meningkat hingga puncaknya pada minggu 12 sekitar 2.888.000 miu/ml.

Cara mengetahui usia kehamilan dengan pemeriksaan bimanual

Selama pemeriksaan bimanual, dokter akan memasukkan dua jari ke vagina dan menekan serviks. Tangan lainnya digunakan untuk menekan rahim. Ukuran dan bentuk rahim digunakan untuk menentukan kehamilan dan usia kehamilan.

BFI150303(39)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY