Cara Mengetahui Kehamilan Selain dengan Testpack

Cara Mengetahui Kehamilan Selain dengan Testpack

895
0
SHARE
Cara Mengetahui Kehamilan Selain dengan Testpack
Source : helpsbaby.com

KabarFemale—Kehamilan adalah satu hal yang dinanti-nantikan dari setiap pasangan suami dan istri. Namun masih banyak dari perempuan belum mengetahui secara benar apa saja dan bagaimana tanda-tanda dari sebuah kehamilan. Tanda-tanda umum kehamilan memang bisa dilihat secara fisik. Semakin banyak tanda-tanda yang terlihat maka kehamilan semakin bisa dideteksi. Namun tanda-tanda secara non fisik tidak begitu terlihat. Sebenarnya cara mengetahui kehamilan juga bisa dideteksi selain dengan cara umum menggunakan testpack. Penasaran apa saja? Simak uraian dibawah ini.

Berikut adalah cara mengetahui kehamilan selain dengan menggunakan testpack:

1. Mendengarkan detak jantung bayi

Cara mengetahui kehamilan selain dengan testpack yang pertama adalah mendengarkan detak jantung bayi. Jantung bayi mulai berdetak sejak usia kehamilan trimester pertama. Akan tetapi pada awal-awal biasanya belum bisa terdengar ataupun dirasakan. Jantung bayi dapat dirasakan pada usia kehamilan memasuki minggu ke 9 sampai 10. Dan akan semakin mulai terasa pada minggu ke 12 bahkan kecepatan detak jantung bayi pada masa ini 180 denyut per menit bertambah 2 kali lebih cepat dari denyut jantung orang dewasa. Namun akan melemah sedikit demi sedikit hingga pada masa persalinan.

2. Melakukan pemeriksaan USG

Cara ini adalah salah satu cara yang sudah umum dilakukan oleh dokter kandungan dan memiliki akurasi lebih akurat dan tidak menimbulkan efek samping. Caranya adalah dengan memancarkan gelombang ultrasoonografi atau USG ke arah perut Anda. Dan Akan melihat bayi yang tadinya hanya berupa satu titik kecil hingga menjadi yang berkembang besar dan bergerak-gerak. Dengan rutin berkunjung ke dokter dan memeriksakan kandungan Anda dengan menggunakan USG Anda juga akan dapat memantau terus perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda.

3. Dengan melakukan foto X-Ray atau Rontgen

Cara selanjutnya adalah dengan melakukn foto X-Ray atau Rontgen. Cara ini memang bisa dibilang sangat akurat. Akan tetapi banyak wanita yang menolak karena efek radiasinya yang berbahaya untuk bayi. Cara ini memang bisa digunakan tapi hanya untuk keadaan tertentu saja. Foto X-Ray atau Rontgen biasanya sering digunakan untuk melihat organ dalam seperti tulang pada kasus kecelakaan.

Itulah cara mengetahui kehamilan yang dapat Anda lakukan selain menggunakan testpack. Bagaimana bunda, tertarik untuk menggunakan cara-cara di atas? Pastikan dulu semua memang benar aman ya bunda. Selamat mencoba.

BFI1503015

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY