Cara Mencegah Kehamilan setelah Berhubungan Intim

Cara Mencegah Kehamilan setelah Berhubungan Intim

168
0
SHARE
Cara Mencegah Kehamilan setelah Berhubungan Intim
Source: Becon

KabarFemale – Kehamilan saat menikah adalah impian semua pasangan suami istri. Biasanya ini adalah impian para pasangan yang baru saja menikah. Walau begitu, tidak jarang juga ada pasangan pengantin yang ingin menunda kehamilan terlebih dahulu karena berbagai alasan dan juga kondisi tertentu. Karenanya penting sekali untuk pasangan tersebut mencari cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim.

Berbagai Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim

  • Memakai alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi adalah salah satu cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim yang paling disarankan oleh dokter. Cara ini juga mudah dilakukan. Anda bisa membeli alat kontrasepsi yang biasa disediakan di apotek atau supermarket yaitu kondom. Atau Anda bisa menggunakan pil KB namun harus dengan resep dokter. Ada juga alat kontrasepsi lainnya yang menggunakan metode penyuntikan progestin dan estrogen setiap 3 bulan ke tubuh wanita.

  • Cara Sterilisasi

Cara ini adalah alternatif untuk wanita yang tidak ingin hamil untuk jangka waktu yang lebih lama. Untuk wanita, cara ini disebut tying the tubes, sedangkan untuk pria disebut dengan vasektomi. Di beberapa kondisi, jika wanita atau pria tersebut ingin ‘mencabut’ sterilisasi ini bisa dilakukan dengan prosedur tertentu.

  • Perhitungan Masa Subur

Jika ingin menghindari terjadinya kehamilan, Anda bisa menghitung masa subur. Anda dan suami bisa menghindari berhubungan intim di waktu-waktu di mana Anda sedang masa subur. Dengan begitu, Anda bisa memperkecil risiko terjadinya kehamilan. Walau begitu, metode ini bukan satu yang paling efektif.

  • Penggunaan Spiral

Spiral atau Intrauterine Devices adalah sejenis implan dengan bahan plastik yang ditanam di dalam rongga rahim. Spiral ini harus diganti secara berkala. Alat ini juga merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang efektif untuk mencegah kehamilan.

  • Berhenti Hubungan Intim

Agar tidak hamil, tentu Anda bisa menghentikan sejenak aktivitas seks Anda dengan suami. Cara ini tentu bisa menjamin Anda tidak akan hamil dalam waktu yang panjang. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan aktivitas seks non penetrasi atau lainnya yang sesuai dengan Anda dan suami setujui. Walau begitu, jangan sampai hal ini mengganggu keharmonisan rumah tangga Anda. Komunikasikan dengan baik dan positif serta tanpa emosi agar mencapai keputusan yang sama menguntungkan.

Nah, cara-cara di atas bisa Anda dan suami pertimbangkan jika ingin mencegah terjadinya kehamilan karena alasan dan kondisi bersama. Walau begitu, semoga rumah tangga Anda tidak terganggu keharmonisannya.

BFI15030226

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY