Cara Mencegah Kehamilan Pada Remaja

Cara Mencegah Kehamilan Pada Remaja

578
0
SHARE
Cara Mencegah Kehamilan Pada Remaja

KabarFemale—Memiliki kekasih di masa muda memang hal yang wajar. Karena usia remaja memanglah usia dimana terjadi transisi menuju dewasa. Pada saat remaja siapapun pasti sudah mulai memiliki ketertarikan pada lawan jenis. Di sinilah semua remaja harus bisa menjaga pergaulan agar tidak sampai terjerumus pada pergaulan bebas hingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehamilan. Kehamilan di usia remaja dapat dicegah jika tahu cara mencegah kehamilan dengan tindakan-tindakan preventif. Simak terus ya.

Berikut adalah cara mencegah kehamilan pada remaja, diantaranya:

1. Jangan terprovokasi teman-teman
Cara mencegah kehamilan pada remaja yang pertama adalah jangan sampai Anda terprofvkasi dengan tekanan dari teman-teman yang sudah memiliki kekasih hingga pernah melakukan hubungan seks. Jangan peduli jika Anda dikatakan ketinggalan. Yang tahu diri Anda adalah diri Anda sendiri. Jangan pernah menolak kata hati, jika memang belum siap maka jangan terkecoh untuk menuruti kata teman-teman Anda. anda harus benar-benar tegas dalam menentukan pilihan. Bila Anda belum siap maka tunggulah hingga benar-benar siap, siap dalam arti menemukan waktu dan orang yang tepat.

2. Belajar Katakan ‘TIDAK’
Jika Anda termasuk orang yang sangat sulit mengatakan ‘TIDAK’ maka mulai sekarang belajarlah mengatakannya. Kata ‘TIDAK’ ini berlaku untuk semua hal yang membuat Anda tidak nyaman, baik dalam hal pacaran, atau ajakan melakukan hal intim tertentu yang menurut Anda sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan. Dengan berani mengatakan ‘TIDAK’ maka Anda telah belajar untuk membentengi diri dengan tameng keamanan. Karena diri Anda sangatlah berharga.

3. Ketahui akibat dan dampak dari kehamilan
Satu hal yang sangat penting untuk Anda ketahui adalah mengenai seks. Memilih untuk tidak melakukan seks dulu sebelum waktunya bukan berarti Anda menjadikan seks sebagai masalah yang tabu. Anda tetap harus tahu mengenai seks dan kaitannya dengan kehamilan seperti apa itu oral seks, vaginal seks, masturbasi dan istilah-istilah seks lainnya. Banyak sumber informasi yang bisa Anda dapatkan dari internet, buku, ataupun orang tua Anda. Anda harus terbuka dan penasaran, tapi penasaran karena ingin tahu bukan penasaran ingin mencoba ya, ladies.

4. Pahami pula mengenai alat pengontrol kehamilan atau kontrasepsi
Kehamilan dapat dicegah dengan menggunakan kontrasepsi atau alat pengontrol kehamilan. Tapi bukan berarti dengan begitu Anda bisa dengan bebas melakukan hubungan intim tanpa ada resiko kehamilan. Memang fungsi utama dari kontrasepsi adalah mencegah kehamilan, namun tidak lantas fungsi ini juga bisa mencegah dari penularan PMS atau penyakit menular seksual. Jadi daripada mengambil resiko, lebih baik mencegahnya dengan tidak dulu melakukan aktivitas seksual sebelum menikah.

Itulah beberapa cara mencegah kehamilan pada remaja yang dapat dilakukan. Selalu waspada dalam setiap pergaulan ya, ladies.

BFI15040149

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY