Cara Memilih Buah untuk Bayi 6 Bulan

Cara Memilih Buah untuk Bayi 6 Bulan

186
0
SHARE
Cara Memilih Buah untuk Bayi 6 Bulan
Source : superhealthykids.com

KabarFemale – Ketika memilih buah untuk bayi 6 bulan, sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Mengapa penting sekali memberikan buah untuk bayi? Well, selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan baik untuk kesehatannya, bunda juga harus mengenalkan buah-buah sebagai variasi makanan yang bisa dikonsumsi oleh bayi.

Macam Buah untuk Bayi 6 Bulan

Anda pasti pernah mempertanyakan apa saja jenis buah yang boleh diberikan untuk bayi yang belum berusia satu tahun atau bagaimana cara agar bayi bisa menyukai buah yang diberikan sebagai makanan selain ASI? Tenang, ketika memberikan buah untuk bayi 6 bulan, Anda perlu kesabaran karena ini adalah makaan lain selain ASI yang sangat mereka suka.

Cara Memilih Buah

1. Pilihlah buah yang berwarna cerah seperti merah atau kuning. Buah dengan warna cerah memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang banyak. Semakin berwarna, makin baik kandungannya.

2. Jangan membuahkan buah yang sama selama beberapa waktu tertentu. Anda harus mengganti satu buah dengan buah lainnya setiap harinya. Ini bertujuan agar bayi tidak bosan dan juga tidak mengalami over vitamin dari satu buah saja.

3. Sesuaikan buah dengan usia bayi dan pertumbuhannya. Misalnya, ketika bayi sudah akan memiliki gigi, pilihlah buah yang bisa merangsang tumbuhnya gigi.

Kapan buah boleh diberikan? Frekuensi pemberian buah harus juga disesuaikan dengan pemberian ASI dan makanan pendamping ASI lainnya. Cobalah untuk memberikan buah di awal dengan frekuensi sehari sekali. Berikan buah di waktu biasanya Anda memberikan ASI. Nah, jika setelah diberi buah, bayi masih terlihat lapar, Anda boleh memberikan ASI lagi.

Nah, jika bayi bosan dengan penyajian buah yang dipotong-potong kecil, Anda bisa menyajikannya dalam bentuk bubur. Campurkan buah yang sudah matang, haluskan dan campur dengan ASI atau dengan air putih. Jangan terlalu kental karena bayi bisa tersedak atau tidak bisa menelan dengan baik.

Disarankan untuk tidak menggunakan buah kalengan dan lebih menggunakan buah segar saja. Ini karena dalam buah kalengan terdapat bahan pengawet yang bisa berbahaya untuk bayi. Terlebih, harga buah segar juga jauh lebih murah.

Untuk bayi umur 6 bulan, beberapa jenis buah yang bisa diberikan adalah mangga, semangga dan buah yang banyak seratnya. Hindari buah yang terlalu asam karena bisa memberi rasa trauma pada bayi. Pilih saja buah yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut.

BFI15040232

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY