Cara Memberi Dukungan Pada Pasangan Selama Hamil (2)

Cara Memberi Dukungan Pada Pasangan Selama Hamil (2)

148
0
SHARE
Cara Memberi Dukungan Pada Pasangan Selama Hamil (2)
Source: dailymail.com

KabarFemale—Berikut ini lanjutan informasi tentang cara para suami memberi dukungan pada istri selama hamil:

Bersikap pengertian
Kadang kehamilan terasa menjengkelkan. Ia mungkin merasa terlalu mual untuk makan makanan yang Anda masak, terlalu lelah untuk pergi ke pesta pernikahan, atau terlalu lemah untuk ke kamar mandi. Ketika perubahan hormon menimbulkan gangguan pada tubuh dan pikiran, Anda akan mendapati ia terbangun kesal tentang hal yang tak jelas. Beri ia waktu, kehamilan memang membuat kondisinya naik-turun, tapi Anda bisa membuatnya lebih baik dengan memberi dukungan.

Mendengarkan
Kadang rasanya yang ia lakukan hanya berbicara tentang kehamilan. Ini mungkin karena kondisi inilah yang sedang terjadi tiap menit padanya. Kehamilan bisa sesekali menggelincirkan pikiran Anda, tapi ia selalu teringat dengan hal ini. Ia kadang merasa hamil adalah hal yang sulit, merasa cemas tentang kelahiran, atau mengalami krisis tentang kemampuan untuk menjadi ibu. Jadilah bahu untuk ia menangis, mendengarkan kecemasannya, dan menawarkan ketenangan serta dukungan yang ia butuhkan.

Membicarakan perasaan masing-masing
Akan sangat baik bila Anda mau mendengarkan, tapi berbicara dan berbagi perasaan sendiri menjadi penting. Anda akan merasa khawatir tentang diri sendiri, berurusan dengan konflik emosi tentang kehamilan dan menjadi ayah. Tak apa, ini normal, dan akan sangat membantu jika Anda berdua jujur tentang perasaan ini. Anda mungkin merasa ia khawatir tentang banyak hal yang sama, dan Anda bisa saling mendukung mengatasi kecemasan.

Memprioritaskan pasangan Anda
Hubungan yang dimiliki wanita hamil dengan pasangannya sangat penting. Penelitian baru-baru ini mengidentifikasi bahwa faktor terbesar di kecemasan antenatal adalah hubungan wanita dengan pasangannya, dan ada juga keterkaitan antara gangguan mood antenatal dan post-natal.

Hidup kadang bisa semrawut. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Ada tuntutan pekerjaan, aktifitas sosial, dan keluarga yang diurus. Semua terasa cukup melelahkan, dan Anda ingin tahu apakah Anda mengabaikan area kehidupan tertentu. Pastikan Anda memprioritaskan hubungan dengannya sepanjang kehamilan. Sediakan waktu untuk istri, dan periksa bagaimana kondisinya.

Menciptakan memori
Anda segera akan memiliki anggota keluarga baru. Meski Anda merasa hidup jadi lebih indah dan kaya dibanding sebelumnya, semua tidak akan sama lagi. Bermalas-malasan di pagi hari, berkendara di malam hari, dan travelling di akhir pekan akan jarang bisa dilakukan, setidaknya untuk beberapa tahun. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menciptakan memori istimewa bersamanya. Lakukan jalan-jalan, habiskan akhir pekan berlama-lama di tempat tidur, dan pergi ke tempat wisata untuk menyegarkan suasana. Lakukan apapun yang Anda inginkan, pastikan melakukannya bersama.

Menjadi pendamping melahirkan yang ia inginkan
Bicara pada pasangan tentang kelahiran, dan ketahui apa keinginannya. Pastikan ia tahu Anda akan menemaninya di ruang melahirkan. Dukung pilihan melahirkannya. Rencanakan rute ke rumah sakit, kemas cemilan, pastikan kamera telah terisi baterainya, dan bawa selalu handphone bersama Anda. Pastikan ia selalu bisa menghubungi Anda, dan ia tahu Anda sudah siap untuk menjadi pendamping kelahirannya.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY