Cara Memasak Tahu Dengan Rasa Spektakuler

Cara Memasak Tahu Dengan Rasa Spektakuler

467
0
SHARE
© kabarinews

RajaNego—Tahu… Anda sering melihat dan membelinya, karena memang mudah ditemukan. Tapi seperti kebanyakan orang, Anda mungkin tidak tahu mau diapakan tahu ini. Faktanya tahu menjadi salah-satu makanan yang paling mudah dimasak dan menyehatkan, rasanya cocok dengan apa saja, kaya kandungan protein, murah, serta cepat memasaknya.

Rahasia membuat tahu bercita rasa tinggi dimulai dari langkah yang kebanyakan dilupakan orang. Untuk bisa mengolah tahu menjadi hidangan istimewa, Anda perlu tahu beberapa trik dan tipsnya. Berikut ini cara agar tahu yang Anda masak memiliki rasa yang lezat.

Tahu perlu ditekan: Tahu berisi air dan mirip dengan spon. Jika Anda tidak mengeluarkan air didalamnya, Anda tidak akan bisa memasukkan rasa baru ke dalamnya. Ini sangat mudah, berikut langkahnya:

  • Buka kemasan tahu dan keluarkan airnya. Potong tahu sesuai keinginan Anda.
  • Hamparkan lap di atas nampan, tempatkan tissu masak di atasnya.
  • Atur potongan tahu di atasnya. Letakkan lagi lap di atasnya.
  • Letakkan benda berat di atasnya. Biarkan selama sekitar 30 menit, akan lebih baik bila beberapa jam.
  • Jika di dalam kulkas, Anda bisa membiarkannya semalaman. Kalau terburu-buru, Anda bisa menekannya secara manual.
  • Buka penutupnya, lalu marinasi, dan masak sesuai resep.

Marinasi tahu: Jika tahu tidak diberi bumbu apa-apa, rasanya menjadi hambar.

Jangan marinasi tahu dengan minyak: Tahu mengandung banyak air, meski setelah Anda menakannya. Minyak dan air tidak akan bisa menyatu. Menggunakan minyak di proses marinasi akan menciptakan lapisan minyak pada tahu dan rasa tidak akan terserap ke dalamnya. Sebaiknya ganti minyak marinasi dengan cuka, perasan jeruk, atau kaldu.

Garing dengan tepung maizena: Jika Anda akan menggoreng tahu, lapisi dengan tepung maizena setelah dimarinasi. Letakkan tahu yang telah dibumbui ke dalam kantong plastik besar, tambahkan ½ gelas tepung maizena, tutup plastik, lalu kocok-kocok. Dengan begini tahu akan memiliki lapisan yang garing dan tidak akan menempel di wajan.

Memanggang tahu: Tahu juga bisa dipanggang. Setelah dibumbui, semprotkan panggangan atau wajan dengan sedikit minyak untuk mencegah lengket, lalu masak tahu hingga muncul bekas panggangan atau pinggirnya sudah garing. Anda tak perlu khawatir dengan kematangan bagian dalam tahu. Dengan tidak digoreng seperti ini menjadi cara sehat untuk mengolah tahu.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY