Cara-Cara Hidup Sehat Dengan Makan Sehat

Cara-Cara Hidup Sehat Dengan Makan Sehat

361
0
SHARE
source : wordpress.com

KabarFemale—Makan dengan pola makan sehat dan seimbang jadi bagian penting untuk menjaga kesehatan, dan membantu Anda merasa lebih baik. Lanjutkan membaca untuk lebih tahu cara-cara hidup sehat.

Cara-cara hidup sehat tentang kunci pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat sebagai cara-cara hidup sehat mencakup:
– Makan kalori dalam jumlah tepat, seimbangkan energi yang Anda konsumsi dengan energi yang Anda gunakan. Bila Anda makan atau minum terlalu banyak, Anda akan menambah berat badan,. Bila makan atau minum terlalu sedikit, Anda akan mengalami penurunan berat badan. Dianjurkan pria mengkonsumsi sekitar 2500 kalori per hari. Wanita harus memiliki sekitar 2000 kalori sehari. Kebanyakan orang dewasa makan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan.

– Makan variasi makanan untuk memastikan Anda menjalankan pola makan seimbang sehingga tubuh menerima nutrisi yang dibutuhkan.

Tips berikut tentang dasar pola makan yang sehat:

Makan banyak buah dan sayur
Dianjurkan untuk makan setidaknya 5 porsi jenis buah dan sayur berbeda setiap hari. Tapi ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Satu gelas jus buah tanpa pemanis baru dianggap satu porsi, dan sayuran masak juga demikian. Anda bisa memberi potongan pisang di sereal sarapan, atau buah segar sebagai cemilan di pertengahan pagi.

Makan lebih banyak ikan
Ikan adalah sumber protein yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Makan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu, termasuk satu porsi ikan berminyak. Ikan berminyak mengandung lemak omega 3 yang membantu mencegah penyakit jantung. Anda bisa pilih varian segar, beku, atau kalengan tapi ingat kalau ikan kalengan bisa tinggi kandungan garamnya. Ikan berminyak bisa berupa salmon, makarel, tuna, sarden.

Kurangi lemak jenuh dan gula
Kita membutuhkan lemak dari makanan. Tapi penting untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang dikonsumsi. Ada dua jenis lemak, jenuh dan tak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan jumlah kolesterol di darah, yang meningkatkan resiko berkembangnya penyakit jantung.

Lemak jenuh ditemukan di banyak makanan seperti keju keras, kue, biskuit, sosis, mentega. Coba kurangi asupan lemak jenuh dan pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan berminyak dan alpukat. Agar lebih sehat, gunakan sedikit minyak sayur sebagai ganti mentega. Kurangi juga minuman berpemanis, alkohol, sereal dengan pemanis, kue, biskuit yang mengandung gula tambahan.

Kurangi garam
Meski Anda tidak menambahkan garam pada makanan, Anda masih bisa mengkonsumsinya terlalu banyak. Sekitar ¾ garam yang kita makan sudah ada pada makanan yang kita beli seperti sereal sarapan, sup, roti dan saos. Makan terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah. Orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin mengalami penyakit jantung atau stroke.

Jangan kehausan
Kita perlu minum sektiar 1,6 hingga 2 liter cairan setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Coba hindari minuman berpemanis yang tinggi gula dan kalori, dan juga buruk untuk gigi. Meski jus buah mengandung pemanis, jumlah yang Anda minum tidak lebih dari satu gelas jus buah setiap hari. Ketika cuaca hangat atau ketika bergerak aktif, Anda membutuhkan lebih banyak cairan.

Jangan lewatkan sarapan
Cara-cara hidup sehat terakhir adalah dengan sarapan. Beberapa orang melewatkan sarapan karena mengira akan membantu menurunkan berat badan. Faktanya, penelitian menunjukkan sarapan bisa membantu orang mengontrol berat badan. Sarapan yang sehat jadi bagian penting pola makan seimbang dan memberi vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk jadi sehat.

AFI150901(20)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY