Bunda, Penuhi Gizi Ibu Hamil ini Ya!

Bunda, Penuhi Gizi Ibu Hamil ini Ya!

174
0
SHARE
Bunda, Penuhi Gizi Ibu Hamil ini Ya!
Source : babybrownsugar.com

KabarFemale—Satu hal yang penting dalam menjaga kehamilan adalah dengan selalu memperhatikan nutrisi dan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi setiap hari. Karena keberlangsungan kehidupan dalam rahim bunda juga ditentukan dari asupan makanan yang dimakan bunda. Ada beberapa gizi yang harus tercukupi disaat hamil.

Berikut adalah gizi ibu hamil yang harus dipenuhi setiap hari:

1. Asam folat
Gizi ibu hamil yang pertama harus dipenuhi adalah asupan asam folat. Janin dalam kandungan membutuhkan jumlah asam folat yang cukup untuk membantu proses pembentukan sel dan sistem syaraf. Bila janin tidak mendapatkan kebutuhan asam folat yang cukup, maka perkembangannya menjadi tidak sempurna dan bahkan beresiko lahir dengan kelainan anggota tubuhnya. Tidak mau kan bun? Untuk itu lengkapi asupan nutrisi setiap hari dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

2. Kalsium
Kebutuhan gizi ibu hamil selanjutnya yang juga sangat penting adalah kalsium. Selama kehamilan bunda harus banyak mengonsumsi asupan kalsium untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu kebutuhan kalsium juga sangat baik dalam proses pembentukan tulan dan gigi pada janin. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium yang banyak dengan rutin minum susu atau yoghurt setiap hari.

3. Zat besi
Selanjutnya kebutuhan gizi yang harus dipenuhi ibu hamil adalah zat besi. Pada ibu hamil asupan zat besi harus mencapai 30 mg per harinya. Karenaa selain baik untuk pembentukan sel darah merah pada bunda dan janin. Asupan zat besi juga dapat mengurangi resiko pada bunda dari anemia yang bisa membahayakan kehamilan. Untuk itu penuhi zat besi dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi seperti sayuran hijau, Anda juga bisa mendapatkan asupan zat besi dari bayam.

4. Kalori
Pada ibu hamil kebutuhan kalori harus ditambah dari biasanya hingga mencapai 300-400 kkal tiap harinya. Kebutuhan kalori ini juga harus didapatkan dari menu varian seperti sayuran, umbi-umbian dan ditambah dengan vitamin dari buah-buahan.

5. Protein
Selain kebutuhan kalori, komponen pendukung lainnya yang juga harus selalu tercukupi adalah protein. Kebutuhan protein ini bermanfaat untuk pembentukan sel dan darah serta membantu kalori sebagai zat pembangun untuk tubuh. Anda dapat memperoleh asupan protein dari kacang-kacangan, telur, tahu, dan daging.

Itulah 5 gizi ibu hamil yang harus selalu terpenuhi setiap hari ya bunda, semoga bermanfaat.

BFI15040133

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY