Berapa Lama Tidur Yang Dibutuhkan Anak?

Berapa Lama Tidur Yang Dibutuhkan Anak?

159
0
SHARE
source : teruskan.com

KabarFemale—Tidak ada jumlah jam tidur yang tepat yang dibutuhkan anak di usia tertentu. Tapi ada panduan umumnya. Anak Anda harus mendapat tidur yang berkualitas dan jumlah istirahat yang cukup. Anak yang tidak mendapat cukup tidur bisa menunjukkan perilaku ekstrim dan menjadi hiperaktif.

Waktu tidur untuk usia 1 hingga 4 minggu
Anak usia ini biasanya tidur antara 15 hingga 18 jam sehari, tapi biasanya hanya tidur selama 2 hingga 4 jam dalam satu waktu. Bayi yang mengalami kolik tidur untuk waktu lebih singkat sedang bayi prematur sering tidur lebih lama. Bayi baru lahir belum memiliki jam biologis yang mengatur siklus siang dan malam hari, sehingga mereka kurang memiliki pola dalam tidurnya.

Waktu tidur untuk usia 1 hingga 4 bulan
Anak di usia ini membutuhkan sekitar 14 hingga 15 jam tidur setiap hari. Ketika anak memasuki usia 6 minggu, ia mulai memiliki polat tidur yang teratur. Anak mulai tidur selama 6 jam dalam satu waktu dan lebih tenang di malam hari.

Waktu tidur untuk 4 hingga 12 bulan
Idealnya anak usia ini tidur hingga 15 jam setiap hari tapi kebanyakan hanya mendapat sekitar 12 jam tidur. Penting untuk menerapkan kebiasaan tidur yang sehat pada saat ini untuk mendapat pola tidur seperti orang dewasa. Bayi mulai tidur siang tiga kali dan menjadi dua kali sekitar usia 6 bulan ketika mereka bisa tidur sepanjang malam. Tidur siang yang rutin akan membantu ritme circadian menjadi matang dengan baik.

Waktu tidur untuk 1 hingga 3 tahun
Ketika anak melewati fase 18 hingga 21 bulan mereka mulai tidur siang hanya satu kali dalam sehari, tapi batita masih membutuhkan hingga 14 jam tidur setiap hari. Kebanyakan batita mendapat sekitar 10 jam tidur. Anak mulai dari 21 hingga 36 bulan biasanya masih butuh tidur siang, yang bisa satu hingga 3 jam lamanya. Anak harus tidur mulai dari jam 7-9 malam hingga 6-8 pagi.

Waktu tidru untuk 3 hingga 6 tahun
Anak di usia ini biasanya tidur dengan waktu yang sama ketika berusia lebih kecil. Pada usia lebih muda, anak tidur siang setiap hari, tapi banyak yang berhenti melakukannya di usia sekitar 5 tahun. Anak perlu mendapat 10 hingga 12 jam tidur setiap hari pada rentang usia ini.

Waktu tidur untuk 7 hingga 12 tahun
Aktifitas sosial di sekolah atau bersama teman dan keluarga biasanya mempengaruhi waktu tidur di usia ini. Kebanyakan anak usia 12 tahun tidur sekitar 9 jam, tapi waktu tidur bisa sangat bervariasi. Jumlah waktu anak tidur pada usia ini juga bervariasi. Anak usia ini harus mendapat 10 hingga 11 jam tidur setiap malam tapi kebanyakan hanya mendapat 9 jam.

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY