Begini Cara Merawat Wajan Anti Lengket Agar Tetap Awet

Begini Cara Merawat Wajan Anti Lengket Agar Tetap Awet

261
0
SHARE
Begini Cara Merawat Wajan Anti Lengket Agar Tetap Awet
(c) Ec21

RajaNego—Wajan anti lengket atau teflon bisa tahan lama jika Anda menggunakan dan merawatnya dengan benar. Bila Anda baru saja membeli wajan anti lengket, sebaiknya ketahui bagaimana cara merawatnya. Berikut ini beberapa cara menjaga performa wajan anti lengket agar selalu baik, apapun tipe wajan yang Anda miliki.


– Jangan biarkan wajan anti lengket Anda terlalu panas, terutama jika dalam keadaan kosong.


– Hindari perubahan suhu yang drastis.

Wajan anti lengket yang panas lalu terpapar suhu yang dingin bisa menyebabkan wajan melengkung. Biarkan wajan dingin dengan sendirinya selama beberapa menit. Wajan yang melengkung mengakibatkan panas tidak tersebar secara merata.


– Jangan menyimpan makanan di wajan anti lengket.

Ini bukan kegunaan wajan Anda, jadi jangan lakukan. Paling baik membersihkan wajan setiap kali selesai dipakai, dan gunakan wadah yang seharusnya untuk menyimpan makanan. Makanan yang disimpan di wajan akan berubah rasanya.


– Jangan gunakan wajan anti lengket langsung di atas panggangan.

Suhu lebih dari 450 derajat bisa merusak permukaan wajan anti lengket. Sebaiknya periksa rekomendasi penggunaan sebelum menggunakan panas tinggi pada wajan Anda.

– Banyak wajan anti lengket yang aman pada mesin pencuci piring, tapi disarankan mencuci wajan secara manual untuk menjaganya tahan lama.

– Cuci wajan dengan sabun dan air.

Meski wajan terlihat bersih setelah dilap dengan serbet, Anda tetap perlu mencucinya dengan sabun dan air panas untuk menghilangkan residu makanan. Jika tidak, ketika menggunakannya kembali makanan yang tersisa akan membakar bagian wajan, menghasilkan lapisan terbakar pada permukaannya. Hati-hati, jangan menggosok bagian permukaan dengan meterial yang bisa menggoresnya, seperti sikat baja.

– Gunakan deterjen lembut untuk membersihkan wajan anti lengket.

Kebanyakan deterjen yang digunkana untuk mencuci piring dianggap aman. Deterjen untuk mesin pencuci piring dan pemutih bisa merusak lapisan wajan anti lengket.


– Lindungi permukaan wajan ketika menyimpannya.

Jika Anda menumpuk benda di atasnya, lindungi permukaan wajan dengan lapisan tissu atau lap untuk mencegah goresan dan lekukan. Paling baik jika Anda menyimpan wajan dalam kondisi tergantung. Pastikan tidak menempatkan benda logam tajam di atas lapisan wajan.


– Jangan menyalahgunakan wajan anti lengket Anda.

Jangan dilempar, digores, atau dibenturkan. Sebisa mungkin hindari alat masak logam, meski banyak wajan anti lengket model baru mengklaim aman digunakan bersama alat masak berbahan logam.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY