Bayi Prematur

Bayi Prematur

162
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Bayi disebut prematur karena lahir lebih dulu dari tanggal kelahiran yang dijadwalkan dan tidak memenuhi waktu selama sekitar 37 hingga 42 minggu di dalam rahim. Meski sulit untuk menentukan secara pasti kenapa bayi lahir prematur, berikut ini beberapa penyebab yang bisa memicu kelahiran prematur:
– Bila Anda mengandung bayi kembar
– Bila Anda pernah melahirkan bayi prematur sebelumnya
– Bila Anda bermasalah keuangan untuk mendukung kebutuhan kehamilan
– Bila Anda memiliki berat badan kurang atau berlebih
– Bila Anda merokok atau menggunakan narkoba
– Bila Anda mengalami kotoran vaginal selama hamil
– Kelahiran prematur juga bisa disebakan masalah kehamilan seperti serviks yang lemah, infeksi bakteri di vagina, komplikasi di rahim, ketuban pecah dini, dan kehilangan darah yang banyak selama hamil.
– Komplikasi medis juga bisa menjadi penyebab kelahiran dini yang terjadi pada sekitar 20 persen kelahiran prematur. Pada kondisi tersebut, dokter bisa melakukan bedah sesar atau menginduksi persalinan dini. Komplikasi medis yang memaksa dokter menginduksi persalinan dini berupa kondisi abnormal pada bayi atau pertumbuhan yang tidak memadai di dalam rahim.
– Dokter bisa memutuskan kelahiran prematur pada kasus dimana ibu mengalami trauma, menderita preeklampsia atau kondisi medis yang membahayakan kesehatan bayi bila ibu terus menjalani kehamilan sampai penuh waktu.

Bayi prematur langsung dibawa ke ruang NICU setelah lahir dimana bayi akan mendapat perawatan yang dibutuhkan. NICU dilengkapi dengan metode penanganan yang dibutuhkan bayi prematur untuk bertahan hidup. Penanganan yang bisa diperoleh bayi premtur berupa inkubasi, monitoring untuk tanda vital, penambahan cairan infus dan ASI melalui selang dan transfusi darah. Bayi tidak akan selamanya tinggal di ruang NICU dan bisa dibawa pulang segera setelah sehat.

Ketika membawa bayi prematur pulang ke rumah, Anda perlu mengetahui cara merawat si bayi. Pelajari semua yang perlu diketahui tentang perawatan bayi prematur. Awasi gejala yang muncul pada bayi dan hubungi dokter bila dibutuhkan.

Menyusui merupakan hal penting untuk bayi prematur. Jadi pastikan Anda membicarakan ini dengan dokter sebelum membawa bayi pulang ke rumah. Ketahui secara pasti jenis susu yang baik untuk bayi dan berapa banyak yang perlu diberikan serta interval waktunya. Bayi prematur beresiko tinggi terkena infeksi dan perlu perlindungan lebih dibanding bayi yang lahir cukup umur. Jadi sebaiknya jauhkan bayi dari orang yang ingin menyentuhnya tanpa mencuci tangan.

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY