Batuk Pada Bayi

Batuk Pada Bayi

204
0
SHARE
source : balitapedia.com

KabarFemale—Meski suara yang dihasilkan dari batuk sering kali terasa mengkhawatirkan, kadang ini tidak menjadi indikasi penyakit yang serius. Batuk pada bayi menjadi mekanisme untuk membersihkan jalan udara pada dada dan tenggorokan. Pada kasus yang ringan, Anda bisa gunakan obat pereda sederhana untuk mengatasinya dan untuk kondisi serius, carilah bantuan dokter.

Berikut ini beberapa penyebab batuk bayi:
– Batuk kering. Batuk kering sering jadi indikasi alergi pada bayi. Batuk jenis ini bisa membantu menghilangkan iritasi yang dirasakan bayi yang mengalami infeksi tenggorokan.
Batuk basah. Batuk basah jadi indikasi penyakit pernafasan yang bersumber dari infeksi bakteri. Batuk jenis ini bisa mengakibatkan pembentukan lendir di jalan udara bayi.
Batuk malam hari. Batuk malam hari disebabkan oleh asma karena jalan udara lebih rentan bengkak pada malam hari. Selain itu, pilek juga bisa memicu batuk di malam hari karena lendir dari hidung bisa mengarah ke tenggorokan dan menyebabkan batuk di malam hari.
Batuk siang hari. Batuk siang hari disebabkan oleh iritasi yang ada di udaha seperti asap rokok, pembersih udara, atau rambut hewan peliharaan.
Batuk disertai demam. Biasanya batuk disebabkan oleh pilek yang disertai oleh demam ringan. Tapi bila demam lebih dari 102 derajat F maka ini jadi tanda kalau anak mengalami pneumonia dan perlu segera dibawa ke dokter.
Batuk disertai muntah. Muntah kadang disertai batuk. Pada asma, lendir yang kering di perut bisa menyebabkan mual. Selain itu, batuk berat juga bisa menyebabkan muntah dengan memicu refleks muntah. Muntah tidak bersifat serius kecuali tanpa henti.

Cara mengatasi batuk pada bayi
– Beri anak jus tapi hindari pemberian jus jeruk karena bisa membuat tenggorokan teriritasi. Tingkatkan jumlah ASI yang Anda berikan untuk melegakan tenggorokan dan memberi cairan yang dibutuhkan untuk melawan infeksi.
– Banyak istirahat sangat penting untuk meredakan gejala batuk pada bayi.
– Uap bisa jadi metode efektif untuk meredakan gejala batuk bayi tapi pastikan bayi tidak terlalu kepanasan.
– Anak yang menderita asma perlu dibawa ke dokter agar obat yang tepat bisa meredakan batuknya.
– Berikan obat dengan hati-hati. Jangan berikan obat yang dijual bebas pada anak tanpa mendapat saran dari dokter. Berikan anak dosis ibuprofen dan paracetamol anak yang tepat dan pastikan anak memiliki berat badan minimal 5 kg.

 

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY