Batita Yang Suka Memukul

Batita Yang Suka Memukul

200
0
SHARE
source : balitapedia.com

KabarFemale—Apakah anak Anda memukul sebagai cara ia mengungkapkan ketidaksukaannya? Apakah ia memukul anak lain ketika bermain? Atau apakah ia memukul Anda ketika kemauannya tidak dituruti? Memukul merupakan perilaku alami dan normal pada anak yang tidak selalu punya kata atau kemampuan untuk mengatasi situasi sulit.

Batita dan usia prasekolah sering merespon situasi yang membuat mereka kesal secara fisik karena mereka belum tahu cara untuk meresponnya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi anak yang suka memukul.

Menghentikannya
Dengan cara yang lembut, pegang tangan anak dan tatap matanya lalu jelaskan dengan kata yang singkat kalau kita tidak memukul. Anak yang marah kemungkinan tidak akan mau mendengarkan penjelasan panjang kenapa kekerasan fisik dianggap salah, jadi berikan penjelasan sesederhana mungkin.

Bergantung situasinya, Anda bisa juga memindahkan anak. Bila ia memukul anak lain dan bisa segera tenang, tak perlu memindahkannya. Tapi bila ia terus menyerang orang lain, maka bawa anak ke tempat lain sebelum situasi bertambah buruk. Manfaat lain memindahkan anak adalah Anda tidak perlu mengatasi situasi ini langsung di depan mata banyak orang yang menyaksikannya.

Mengajarkan anak kata-kata berkaitan dengan perasaan
Jika anak memukul atau menendang, pasti ada alasan kenapa ia melakukannya dan jadi hal penting untuk mengetahui perasaan anak. Ketika anak sudah tenang, coba bicara padanya tentang perasaan yang ia rasakan. Bantu anak menemukan kata yang lain waktu bisa ia gunakan, bukan dengan memukul.

Cari tahu kebutuhan yang tidak terpenuhi
Beberapa ahli mengatakan kalau memukul atau tindak kekerasan selalu terkait dengan kebutuhan yang tidak terpenuhi. Anak bisa saja memukul untuk mendapat perhatian, karena ia lapar atau lelah, atau karena ia merasa tidak didengarkan. Kadang anak memukul karena orangtua meminta anak melakukan sesuatu tanpa memberinya pilihan lain. Bila orangtua memberi lebih banyak kontrol ke anak, anak semakin jarang memukul. Coba cari tahu apa yang anak butuhkan. Jika ia lelah atau lapar, Anda perlu memberi cemilan, mengajaknya tidur siang atau melakukan aktifitas yang rileks. Bila karena kurang perhatian, ada baiknya Anda meluangkan waktu hanya untuknya.

Beri alternatif
Beberapa anak memukul karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mereka marah atau merasa diperlakukan tidak adil dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, jadi mereka memukul. Coba ajarkan anak alternatif dari memukul seperti:

  • Pergi menjauh. Ajarkan anak kalau ia perlu menjauh ketika ada orang yang tidak baik padanya, bukan dengan memukulnya.
  • Menghentakkan kaki. Jika anak merasa perlu bereaksi secara fisik karena marah, ia bisa mengungkapkannya dengan menghentakkan kaki atau memukulkan tinju ke bantal.

 

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY