Bahaya dan Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

Bahaya dan Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

424
0
SHARE
Bahaya dan Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil
Source : telegraph.co.uk

KabarFemale—Apakah bunda memiliki riwayat Anemia? Jika iya maka harap selalu waspada ya bun di saat hamil. Karena pada masa trimester pertama sel darah merah banyak berperan untuk pembentukan janin. Sedangkan pada masa itu bunda masih sering mengalami gejala morning sickness sehingga bunda merasa malas makan karena akan berakibat mual-mual dan muntah. Akibat inilah bunda mengalami kekurangan asupan nutrisi terutama zat besi sebagai zat pembentuk sel darah merah. Oleh karena itu anemia pada ibu hamil bisa menyerang. Selama hamil anemia dapat berbahaya loh bunda. Lalu apa saja sih bahayanya:

Berikut adalah bahaya Anemia Pada Ibu Hamil:

1. Resiko kelahiran prematur
Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil yang pertama adalah resiko kelahiran prematur dimana bayi akan lahir sebelum masa waktunya atau sebelum memasuki usia kehamilan 9 bulan.

2. Resiko kematian ibu saat persalinan
Anemia pada ibu hamil tidak bisa dianggap sepele, karena hal ini juga dapat mengakibatkan resiko kematian ibu karena pendarahan pada saat persalinan. Pendarahan terjadi dikarenakan kondisi ibu hamil sebelumnya kurang mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Karena setiap ibu yang melahirkan baik normal ataupun caesar mengeluarkan darah, banyaknya darah yang keluar juga tergantung dari lamanya proses persalinan. Jika pendarahan terlalu banyak maka wanita tersebut akan beresiko terhadap kematian.

3. Bayi dengan BBLR
Apa itu BBLR? BBLR adalah Berat Badan Lahir Ringan. Akibat dari kekurangan nutrisi, maka perkembangan bayi juga akan terganggu, sehingga menyebabkan bayi lahir dengan berat badan di bawah normal.

Selanjutnya adalah pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil:

1. Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi
Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti daging, bayam, dsb. Selain itu jika dirasa masih kurang cukup bunda juga dapat mengonsumsi tablet penambah darah tapi harus dengan saran dokter ya bun. Berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter.

2. Minum banyak air putih
Karena anemia menyebabkan mudah lemas dan lesu, maka sebaiknya bunda juga mengonsumsi banyak air putih agar oksigen juga tetap terserap pada otak sehingga tidak menyebabkan bunda mudah pusing.

3. Konsumsi sayur dan buah
Nah tahukah bunda jika sebenarnya zat besi sukar sekali diserap oleh tubuh tanpa bantuan dari nutrisi lain. Untuk itu bunda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin C. Sumber vitamin selalu dapat Anda temukan pada sayur dan buah-buahan.

BFI1503018

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY