Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil

232
0
SHARE
Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil
Source : radianthealthmag.com

KabarFemale—Menjaga kehamilan memang tidaklah mudah. Apalagi serangan mual-mual dan muntah yang sering mengganggu menyebabkan Anda menjadi kehilangan selera makan sehingga kebutuhan nutrisi yang diserap tubuh menjadi tidak optimal. Jika sudah seperti ini maka resiko anemia pada ibu hamil pun kian rentan, tentu hal ini bisa menjadi fatal jika dibiarkan.

Berikut adalah bahaya anemia pada ibu hamil yang harus diwaspadai:

1. Resiko keguguran
Bahaya anemia pada ibu hamil yang pertama adalah resiko keguguran. Jika anemia yang di derita ibu hamil sudah akut, maka hal ini bisa menjadi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan keguguran janin. Untuk itu, Anda harus memenuhi zat besi dengan seimbang setiap harinya. Pada ibu hamil kebutuhan zat besi harus ditambah dari biasanya, Anda bisa mendapatkannya dari sayuran hijau seperti bayam.

2. Kelahiran prematur
Selain itu anemia pada ibu hamil yang telah parah juga dapat menyebabkan bahaya pada janin yang beresiko mengalami kelahiran prematur atau lebih awal dari perkiraan hari lahir normal. Bayi yang mengalami kelahiran prematur tentu berbeda dari yang lahir normal dan tepat sesuai bulanperkiraan. Perbedaan itu dapat dilihat dari kecerdasan otak, dan kesehatan fisik. Biasanya bayi yang mengalami lahir prematur akan lebih lambat dalam proses belajar dan sangat rentan terhadap penyakit=penyakit tertentu. Jadi jangan sampai bunda mengalami anemia selama hamil ya.

3. Gagal jantung
Anemia identic dengan kurangnya kadar hemoglobin dalam darah. Bila tingkat hemoglobin pada ibu hamil lebih rendah dari 6 g/dL maka kebutuhan oksigen janin akan kurang dan janin akan mengambil oksigen dari ibunya, karena kekurangan oksigen inilah bunda kan beresiko mengalami gagal jantung.

4. Pertumbuhan janin yang tidak optimal
Selain beresiko besar terhadap bunda, anemia akut juga dapat berakibat fatal hingga menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terganggu. Jika bunda mengalami anemia selama hamil maka pertumbuhan janin tidak bisa optimal mulai dari sel otak, infeksi, abortus dan sebagainya. Maka dari itu, biasakan untuk selalu memenuhi nutrisi saat hamil ya bun.

5. Resiko kematian ibu saat persalinan
Dampak yang paling berbahaya dari anemia pada ibu hamil adalah resiko kematian ibu saat proses persalinan. Hal ini dikarenakan pada saat persalinan energy yang terkuras tidak disertai dengan kebutuhan oksigen yang cukup akibat rendahnya tingkat hemoglobin dalam darah. So, jaga selalu asupan gizi selama hamil ya bun.

Itulah 5 bahaya anemia pada ibu hamil yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat.

BFI15040138

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY