Artikel Kesehatan Anak: Ketika Anak Disuntik

Artikel Kesehatan Anak: Ketika Anak Disuntik

362
0
SHARE
Source: vemale

KabarFemale—Orangtua dan anak pasti setuju kalau disuntik terasa sakit. Orangtua tahu kalau suntikan vaksin memberi anak keamanan dengan memberi perlindungan dari banyak penyakit serius. Tapi sulit menjelaskan pada si kecil agar mereka mengerti. Artikel kesehatan anak kali ini tentang hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres ketika anak menerima suntikan vaksin.

Artikel kesehatan anak tentang suntikan vaksin

Memberikan anak tiap dosis vaksin berdasarkan jadwal yang dianjurkan jadi hal paling penting yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak aman dan sehat. Artikel kesehatan anak menyebutkan kalau vaksinasi bisa menyelamatkan nyawa anak. Karena kemajuan ilmu medis, bayi dan anak kecil bisa terlindungi dari 14 penyakit serius di umur 2 tahun. Beberapa penyakit yang bisa mencederai atau membunuh ribuan anak setahun seperti polio, tidak lagi jadi hal yang umum di Amerika, terutama karena efektifitas vaksin.

Meski Anda melindungi anak dari penyakit, terasa berat melihat anak menangis ketika mendapat suntikan vaksin. Ada beberapa hal yang bsia Anda lakukan sebelum, selama, dan setelah pemberian vaksin untuk mengurangi rasa sakit dan takut anak.

Anda perlu meringankan pikiran sebelum anak divaksinasi. Anda bisa memperoleh informasi tentang vaksin sebelum bertemu dokter, dan lalu mengajukan pertanyaan yang Anda punya terkait vaksin.

Beberapa cara untuk mengurangi stres saat bersama dokter:
– Bawa benda yang membuat nyaman seperti buku favorit, selimut, atau mainan untuk membantu anak merasa aman
– Bersikap jujur pada anak yang lebih besar. Biarkan mereka tahu kalau suntikan bisa terasa sakit tapi tidak akan lama. Ingatkan kalau suntikan membuat mereka sehat.
– Alihkan perhatian anak dengan mainan, cerita, lagu, atau sesuatu yang menarik
– Kontak mata dengan anak dan tersenyum, bicara dengan lembut, atau bernyanyi
– Pegang erat anak di pangkuan Anda
– Tarik nafas dalam pada anak yang lebih besar untuk mengurangi rasa sakit.

Peluk dan beri pujian pada anak setelah imunisasi diberikan. Untuk menenangkan bayi, coba gendong atau susui. Tenangkan dan beri rasa nyaman pada anak yang lebih besar bila menangis.

Kemungkinan akan muncul kemerahan atau bengkak akibat suntikan, tapi tak ada yang perlu dikhawatirkan. Artikel kesehatan anak menganggap reaksi ini bersifat ringan dan akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Untuk mengurangi bengkak, gunakan lap dingin dan bersih di area suntikan. Anda bisa gunakan pereda rasa sakit bila dokter mengizinkan. Beberapa anak jadi kurang makan, tidur lebih banyak, atau rewel selama beberapa hari setelah mendapat suntikan. Pastikan anak mendapat banyak istirahat, dan beri banyak cairan. Hubungi dokter bila ada hal yang membuat Anda cemas.

AFI150901(4)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY