Apakah Kram Merupakan Gejala Awal Kehamilan?

Apakah Kram Merupakan Gejala Awal Kehamilan?

132
0
SHARE
Source : everydayfamily.com

KabarFemale—Banyak wanita hamil yang merasa penasaran, “Apakah kram adalah gejala awal kehamilan?” Faktanya, ada beberapa tanda dan gejala fisik kehamilan mulai dari momen paling awal kehamilan. Beberapa wanita bingung ketika mereka merasakan sensasi kram karena bisa menjadi tanda periode menstruasi atau tanda kehamilan telah terjadi.

Kapan kram menjadi gejala awal kehamilan?

Kram biasanya bersamaan dengan gejala awal kehamilan yang normal lainnya. Tapi banyak wanita yang tidak menyadari hal ini, jadi rasa sakit di perut bawah sering menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan wanita hamil. Ada beberapa jenis kram selama hamil, kehamilan yang sehat pada tiap fase memiliki penyebab dan jenis kram yang berbeda

Kram di trimester pertama
Ada beberapa tanda kehamilan segera setelah terjadi konsepsi dan kram adalah salah-satu indikasi fisik yang utama. Rasa sakit perut yang minor yang mirip kram sebelum menstruasi adalah salah-sastu tanda kehamilan paling awal. Jenis kram kehamilan ini disebabkan oleh embrio yang tertanam di rahim atau fase implantasi. Kram biasanya ringan dan terjadi satu atau dua minggu setelah periode ovulasi. Pada titik ini, sel telur yang dibuahi dan menuju ke tuba falopi dan rahim. Kram implantasi bisa mirip dengan kram menstruasi karena menghasilkan bercak darah berwarna kemerahan atau coklat dan berlangsung selama beberapa hari.

Kram di trimester kedua
Selama trimester kedua, banyak wanita mengalami jenis sensasi kram baru karena janin yang tumbuh. Misalnya, di kehamilan bulan 4 hingga 6, banyak wanita merasakan nyeri perut yang disebabkan oleh perenggangan rahim untuk mendukung janin. Ketika Anda hamil, otot perut dan persendian harus merenggang untuk memberi ruang pertumbuhan bagi janin, yang bisa mengakibatkan rasa sakit dan kram.

Kram di trimester ketiga
Ada beberapa jenis kram yang terjadi selama trimester ketiga kehamilan. Salah-satunya adalah kram kaki. Tak diketahui secara pasti penyebab utama kram ini, tapi yang terbaik yang bisa dilakukan adalah segera melenturkan kaki dan makan makanan yang kaya kandungan potasium seperti pisang.

Kram perut yang terjadi selama trimester ketiga sebenarnya adalah kontraksi. Jenis kontraksi yang paling umum adalah kontraksi Braxton hicks, tapi biasanay tidak terlalu sakit. Kram yang menyakitkan yang terjadi di trimester ketiga biasanya disebabkan oleh gerakan bayi yang turun ke jalan lahir, juga karena tubuh mulai berlatih persalinan.

BFI150403(26)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY