Agar Sehat Selama Trimester Pertama Kehamilan

Agar Sehat Selama Trimester Pertama Kehamilan

306
0
SHARE
Agar Sehat Selama Trimester Pertama Kehamilan
Source : parenthood.com

KabarFemale – Saat hamil adalah saat yang mendebarkan dan juga menyenangkan. Untuk Anda yang baru pertama kali mengalaminya, Anda patut berhati-hati demi menjaga kesehatan dan keamanan dari janin yang dikandung. Nah, jika sekarang Anda sudah dinyatakan positif hamil oleh alat tes kehamilan dan juga dokter, Anda juga patut tahu bagaimana cara menjaga kesehatan selama trimester pertama kehamilan pada artikel ini.

Sehat di Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah masa-masa penting yang juga bisa dibilang mengkhawatirkan untuk kondisi ibu dan calon bayi. Di awal-awal kehamilan, jika Anda tidak berhati-hati akan sangat rawan terjadi keguguran. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi. Karena itu, penting sekali menjaga kehamilan di bulan-bulan pertama. Caranya?

– Rutin periksa ke dokter. Di minggu pertama Anda mungkin belum bisa memeriksakan kehamilan karena belum terlihat. Namun setelah minggu keempat atau lima dan jika Anda belum mengalami menstruasi serta sudah mengetes dengan alat tes kehamilan, Anda bisa memastikan kondisi Anda dengan berkunjung ke dokter. Di sana Anda akan makin yakin bahwa ada calon bayi di dalam rahim Anda. Dengan begitu, dokter akan memberikan Anda saran dan juga seberapa jauh perkembangan kehamilan Anda.

– Makan makanan bergizi. Di trimester pertama kehamilan adalah masa di mana otak dari calon bayi berkembang. Karenanya Anda harus benar-benar menjaga makanan yang Anda makan. Lebih baik mengonsumsi makanan yang bagus untuk perkembangan otak seperti makanan yang mengandung asam folat. Adalah di antaranya sayur bayam, brokoli, alpukat, tomat, asparagus, buah bit merah dan kacang-kacangan.

– Hindari aktivitas melelahkan. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa trimester pertama adalah masa rawan terjadi keguguran jika tidak berhati-hati. Karena itu ada baiknya jika Anda mengurangi aktivitas yang melelahkan, menguras tenaga dan membutuhkan banyak gerak. Hal ini bisa mengakibatkan Anda mudah lelah dan juga beresiko untuk calon bayi.

– Ikut senam yang ringan. Tidak hanya menjaga makanan, Anda juga boleh melakukan olahraga seperti senam tapi lakukan senam dengan ritme yang ringan atau santi. Biasanya ada juga senam yang dikhususkan untuk ibu hamil. Hindari senam dengan gerakan melompat, loncat atau gerakan menghentak lainnya.

– Minum air hangat di pagi hari. Pada awal kehamilan, ibu hamil akan sering mengalami morning sicktrimester pertama kehamilan karena perubahan hormon yang terjadi. Nah untuk menguranginya Anda bisa minum air hangat di pagi hari. Ini akan membuat perut Anda merasa nyaman. Namun jika tidak juga reda, Anda bisa pergi ke dokter dan konsultasi.

– Jangan menunda buang air kecil. Kandung kemih ketika hamil akan mengalami tekanan dari rahim yang membesar. Jangan tunda jika Anda merasa ingin ke kamar mandi demi meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

BFI15030237

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY