Agar Bayi Sehat Dan Bahagia

Agar Bayi Sehat Dan Bahagia

255
0
SHARE
Agar Bayi Sehat Dan Bahagia
source : melindahospital.com

KabarFemale—Tahun pertama bayi penuh dengan tumbuh kembang seperti senyum pertama, gigi pertama, termasuk pertama kali ia jatuh sakit. Cepat atau lambat anak akan sakit. Rata-rata bayi sakit pilek 8 kali dalam satu tahun pada dua atau tiga tahun pertamanya.

Yang jadi berita baik, tiap kali anak terserang sakit, tubuhnya membentuk antibodi yang akan melindunginya di masa mendatang. Berikut ini panduan untuk beberapa penyakit yang paling umum pada bayi dan cara mengatasinya.

Pembuluh air mata tersumbat
Meski bayi sering menangis, wajar bila pembuluh air matanya tersumbat. Hasilnya, air mata memenuhi bagian pinggir matanya, kondisi ini bisa membuat orangtua cemas tapi akan hilang dengan sendirinya. Coba perlahan pijat pembuluh air mata bayi. Tapi hubungi dokter bila mata bayi menjadi merah dan mengeluarkan kotoran.

Diare
Diare biasanya disebabkan oleh infeksi virus tapi juga bisa disebabkan oleh respon terhadap tumbuh gigi atau antibiotik. Bila diare disertai oleh demam dan muntah serta selera makan berkurang, ini bisa jadi karena virus. Meski akan hilang dengan sendirinya, butuh waktu sekitar 2 minggu. Jaga agar pantat bayi selalu bersih dan kering terutama ketika ia mengalami diare untuk mencegah ruam.

Salah-satu cara untuk mengatasi diare adalah dengan terus menyusui. Jika bayi sudah makan makanan padat, berikan pisang. Bila bayi juga muntah, cegah dehidrasi dengan terus menyusui. Periksakan ke dokter bila bayi terus muntah dan mengalami demam atau ada darah di fesesnya.

Infeksi telinga
Infeksi telinga terjadi ketika pembuluh kecil yang menghubungkan telinga tengah ke tenggorokan, tersumbat oleh cairan dan menjadi tempat bersarang bakteri. Infeksi telinga jadi penyakit paling umum pada bayi, meski penelitian menunjukkan bayi yang mendapat ASI kurang mengalami infeksi telinga dibanding bayi yang diberi susu formula.

Bayi yang mengalami infeksi telinga mungkin menarik atau mengosok-gosok telinganya, menangis ketika menghisap atau sulit tidur serta terkena demam. Bila Anda curiga si kecil mengalami infeksi telinga, tunggu sekitar 3 hari sebelum menghubungi dokter, karena kondisi ini bisa hilang dengan cepat tanpa pengobatan. Bila dibutuhkan pengobatan, biasanya dengan pemberian antibiotik selama 10 hari.

Anda bisa meringankan rasa sakit dengan acetaminophen atau ibuprofen (untuk bayi dengan usia lebih dari 6 bulan). Jangan pernah berikan aspirin, karena bisa menimbulkan sindrom Reye, penyakit serius yang menyerang liver dan otak. Susui bayi di posisi yang lebih tegak dan jaga kepalanya lebih tinggi ketika tidur dengan menempatkan bantal di bawah kasurnya.

 

AFI150501

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY