8 Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama

8 Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama

285
0
SHARE
8 Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama
Source : goodtoknow.co.uk

KabarFemale – Apakah sekarang ini Anda sedang bingung antara benar-benar sedang hamil atau jadwal menstruasi yang berantakan? Kalau hamil, wah Anda patut bahagia nih. Tunggu hingga 2 atau 4 minggu lagi untuk mengecek dengan alat kontrasepsi agar Anda makin yakin bahwa Anda sedang hamil. Nah tapi jika Anda galau apakah Anda sedang hamil atau tidak, lebih baik Anda baca terlebih dahulu gejala awal kehamilan minggu pertama yang akan kami bahas di bawah ini. Stay reading!

Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama

Minggu pertama adalah hari-hari yang dihitung dari hari pertama Anda seharusnya mengalami menstruasi. Sebenarnya, gejala awal kehamilan minggu pertama tidak terjadi pada semua wanita. Walau begitu, ada juga cara mengenali ciri-ciri Anda sedang berada di kehamilan minggu pertama :

Telat Haid

Saat hamil, akan ada peningkatan hormon yang mencegah rahim mengeluarkan lapisan rahim yang mana harusnya luruh ketika datang waktu menstruasi. Dengan begitu, di minggu pertama tidak akan mengalami menstruasi sebagai tanda awal. Walau begitu, ini bukan satu-satunya tanda awal kehamilan yang bisa diandalkan. Anda harus menunggu beberapa waktu untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak.

Mual di pagi hari. Sering lihat di televisi bahwa wanita hamil selalu identik dengan mual di pagi hari? Ini bisa jadi benar. Mual dan muntah di pagi hari atau biasa disebut morning sick bisa terjadi karena Anda sedang hamil. Ini biasanya disebabkan karena tingginya hormon HCG di dalam darah. Mual juga biasa disebabkan oleh kelebihan asam lambung dan cepatnya peregangan otot rahim. Biasanya juga ini ditambah dengan sensitif dengan bau-bau. Hal ini biasanya akan terjadi di awal kehamilan hingga minggu kedelapan.

Perubahan di Payudara

Gejala ini sama dengan yang dialami saat Anda sedang akan mengalami menstruasi. Area payudara akan membengkak karena hormon estrogen dan progesteron yang meningkat. Di beberapa keadaan pada wanita malah ada yang sudah mengeluarkan ASI di awal kehamilan. Namun yang paling umum adalah rasa nyeri saat disentuh.

Gelap di Area Puting

Di minggu pertama, area payudara akan membengkak atau membesar. Ini disebabkan karena hormon. Nah, di area puting juga akan lebih menonjol dan juga berwarna lebih hitam. Jangan terkejut, ini adalah gejala yang normal.

Mulai Ngidam

Di minggu pertama memang jarang sekali terjadi ngidam. Tapi beberapa wanita akan mengalami ngidam ini itu. Ini wajar karena adanya perubahan hormon. Hal ini akan terjadi di trimester pertama.

Sering Pipis

Gejala yang ini terjadi karena kandung kemih yang tertekan rahim yang mulai berkembang. Dengan begitu Anda akan sering ke kamar mandi untuk buang air kecil.

BFI15030246

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY