6 Gejala Orang Hamil Muda

6 Gejala Orang Hamil Muda

273
0
SHARE
6 Gejala Orang Hamil Muda
Source : medicalnewstoday.com

KabarFemale- Sebagai pasangan yang baru menikah atau sudah lama menantikan hadirnya buah hati di tengah keluarga kecil, mengetahui gejala orang hamil muda adalah sebuah hal yang penting. Anda mesti tahu apa saja gejala-gejala yang terjadi di saat awal kehamilan. Ini karena kehamilan di usia muda biasa tidak berhasil karena ceroboh di awal kehamilan. Nah, agar kehamilan bisa terselamatkan hingga persalinan, Anda harus tahu apa saja yang terjadi di awal kehamilan.

Macam Gejala Orang Hamil Muda

Gejala orang hamil muda banyak sekali macamnya. Mulai dari fisik hingga kebiasaan seperti tanda-tanda. Nah, yang kali ini akan kami bahas adalah tanda-tanda kehamilan yang biasa terjadi pada wanita. Apa saja ya?

Bercak Darah

Bercak atau flek darah biasanya terjadi di awal kehamilan. Ini salah satu gejala yang sering diartikan sebagai awal dari menstruasi. Padahal ini adalah gejala Anda sedang hamil. Ini adalah tanda bahwa di dalam rahim sedang terjadi implantasi. Karena itu, pendarahan ini disebut juga implantation bleeding.

Kram Perut

Selain keluar bercak darah, biasanya awal kehamilan juga disertai dengan kram perut. Kram ini biasanya akan terjadi hingga kehamilan trimester kedua. Jika di awal kehamilan, kram perut biasanya terjadi seperti ketika Anda sedang menstruasi.

Mual dan Muntah

Sekitar setengah dari wanita yang hamil akan memiliki gejala yang satu ini. Mual dan muntah atau yang disebut dengan morning sickness memang terjadi pada wanita hamil karena adanya hormon kehamilan. Hormon ini aka membuat Anda merasa mual karena efek pedih di lapisan perut. Hormon ini bernama Human chorionic Gonadotrophin atau HCG.

Namun, jika mual dan muntah terjadi secara berlebihan hingga menyebabkan Anda pingsan, lebih baik Anda menghubungi dokter kandungan atau bidan Anda.

Sering Buang Air Kecil

Setelah terlambat haid satu atau dua minggu, Anda akan sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Ini terjadi karena kandungan berisi janin sedang tumbuh sehingga mengakibatkan tertekannya posisi kandung kemih. Jadi, Anda akan sering kencing karena kandung kemih lebih cepat penuh karena urin.

Ingat, jangan menahan kencing karena bisa berbahaya untuk kandung kemih. Dan selalu penuhi kebutuhan air Anda dengan minum air yang cukup setiap harinya.

Lelah

Karena adanya perubahan hormon, organ pada tubuh bekerja bekerja lebih keras. Jantung, ginjal dan paru-paru menjadi bekerja tidak hanya untuk Anda tapi juga janin dalam kandungan Anda. Apalagi metabolisme Anda juga akan bekerja dua kali lipat dari biasanya. Tidak heran jika Anda merasa selalu lelah dan mengantuk.

Sembelit

Sembelit disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron. Hormon ini membuat otot rahim mengendur yang mana akhirnya membuat otot dinding usus juga mengendur. Akibatnya Anda jadi susah buang air besar. Namun untungnya adalah tubuh Anda jadi menyerap nutrisi lebih baik dibandingkan ketika sebelum hamil.

BFI15040227

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY