5 Cara Mudah Mencegah Kehamilan

5 Cara Mudah Mencegah Kehamilan

209
0
SHARE
5 Cara Mudah Mencegah Kehamilan
Source : teatimehealth.com

KabarFemale—Banyak alasan yang menjadikan pasangan memilih untuk menunda kehamilan. Akan tetapi sebagian pasangan masih bingung bagaimana cara mudah untuk mencegah kehamilan tanpa memiliki resiko yang berbahaya.

Sebenarnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kehamilan agar tidak sampai terjadi, diantaranya:

1. Absen
Cara mencegah kehamilan yang pertama adalah dengan absen tidak melakukan hubungan intim. Satu-satunya cara mencegah kehamilan yang paling mudah adalah dengan tidak melakukan hubungan intim. Untuk mewujudkan hal ini tentu harus ada komitmen diantara kedua pasangan, sehingga tidak ada salah satu yang merasa berat atau terbebani.

2. Bertanggung Jawab
Mungkin Anda sedikit kaget saat membaca poin kedua ini. Pada poin harus diperhatikan bagi seorang laki-laki agar selalu bertanggung jawab dengan semua tindakannya. Jika hanya menginginkan kenikmatan tanpa mau bertanggung jawab, tentu keputusan itu merupakan hal yang kurang bijak, apalagi untuk pihak perempuan dan anaknya kelak.

3. Selalu menggunakan kondom
Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan alat kontrasepsi yang sudah umum yaitu kondom. Penggunaan kondom dapat menghambat sperma untuk masuk ke sel telur meskipun Anda sedang melakukan hubungan intim. Selain itu kondom juga dapat melindungi dari kemungkinan penyakit seksual yang menular. Kondom sudah banyak terbukti dapat mencegah kehamilan dengan tingkat akurasi hingga 90 %. Bukan hanya itu saja kondom juga merupakan alat kontrasepsi yang paling aman.

4. Ketahui masa subur
Biasanya kehamilan dapat terjadi jika sel sperma bertemu dengan sel telur di saat masa subur seorang wanita. Untuk itulah jika ingin mencegah kehamilan namun tetap melakukan hubungan intim. Maka ketahui tentang masa subur wanita, sehingga Anda akan tetap dapat mencegah kehamilan meskipun telah melakukan hubungan intim. Cara ini juga cukup efektif dalam mencegah kehamilan, dan juga termasuk salah satu cara yang mudah dan aman.

5. Kenali resiko
Pada dasarnya setiap berhubungan intim memang merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Kaan tetapi jangan hanya merasakan kenikmatannya saja, kenali juga resiko-resiko penyakit berbahaya yang mungkin bisa menular seperti HIV/AIDS, gonorrhea, kencing nanah, sipilis, herpes, hepatitis dan penyakit lainnya. Untuk itu sangat penting juga untuk memeriksakan diri ke dokter dengan melakukan medical check up apakah tubuh benar-benar dalam keadaan sehat dan bugar.

Itulah 5 cara mudah mencegah kehamilan yang dapat Anda coba dengan pasangan. Semoga bermanfaat.

BFI15040111

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY