4 Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil

4 Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil

298
0
SHARE
4 Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil
Source : webmd.boots.com

KabarFemale—Anemia atau penyakit kurang darah ini memang bisa menyerang siapa saja tak terkecuali juga pada ibu hamil. Akan tetapi anemia pada ibu hamil jauh lebih berbahaya dibanding dengan mereka yang sedang tidak dalam masa kehamilan. Untuk lebih mewaspadainya untuk itu kali ini kita akan membahas apa saja penyebab anemia pada ibu hamil.

Berikut adalah penyebab anemia pada ibu hamil:

1. Kekurangan zat besi dalam tubuh

Penyebab anemia pada ibu hamil yang pertama adalah kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Seperti yang diketahui zat besi adalah salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Anemia ini sendiri sering menyerang ibu hamil pada masa trimester pertama. Karena pada masa ini ibu hamil memiliki kecenderungan malas makan akibat dari gejala morning sickness sedangkan pada masa ini kebutuhan sel darah merah memiliki peran penting dalam proses konstipasi janin. Untuk itulah perhatikan lagi asupan nutrisi Anda selama hamil. Pastinya Anda mengonsumsi asupan zat besi yang cukup selama hamil.

2. Kekurangan konsumsi gizi

Memang tidak dapat dipungkiri jika wanita dalam kondisi selama hamil memang sering merasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan gejala mual-mual dan muntah yang sering mengganggu sehingga pberdampak juga pada berkurangnya nafsu makan. Hal ini menyebabkan ibu hamil kurang mendapatkan asupan gizi yang cukup. Karena kondisi inilah anemia dapat menyerang ibu hamil kapanpun. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan asupan gizi seimbang ya bun.

3. Faktor genetik

Selain kedua hal di atas ternyata anemia bisa juga dikarenakan dari penyakit bawaan secara genetis. Jika salah satu atau kedua-dua dari orang tua juga mengalami anemia, maka kemungkinan besar Anda juga bisa mengalaminya. Namun hal ini biasanya jarang terjadi. Karena mayoritas penyebabnya adalah kurangnya asupan nutrisi terutama zat besi.

4. Penyakit kronis

Anemia juga bisa dikarenakan Anda memiliki penyakit kronis seperti arthritis, penyakit ginjal, lupus dan penyakit kronis lainnya. Hal ini menyebabkan kondisi tubuh menurun akibat tubuh yang tidak lagi berperan normal terhadap komponen lainnya seperti pada sel darah, sehingga penyakit anemia juga bisa menyerang kapan saja tanpa diduga.

Nah bunda, sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab anemia pada ibu hamil. Pastikan Anda selalu memantau kebutuhan nutrisi selama hamil ya bunda. Semoga bermanfaat.

BFI15030138

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.