4 Nutrisi Ibu Hamil yang Paling Penting

4 Nutrisi Ibu Hamil yang Paling Penting

155
0
SHARE
© everydayfamily

KabarFemale – Menjaga kesehatan dan stamina saat hamil adalah hal yang sangat penting. Karena saat mengandung, Anda memiliki tanggung jawab baru dan bukan hanya menjaga kesehatan Anda sendiri. Anda sudah harus mulai mengemban tanggung jawab untuk menjaga kesehatan si calon bayi dengan berbagai cara.

Salah satunya yang juga penting adalah menjaga nutrisi ibu hamil selama kehamilan. Sang calon ibu harus jeli dan pandai dalam memilih apa saja makanan yang harus dikonsumsi dan menjadi pantangan. Boleh saja mengikuti naluri ngidam, tapi jangan sampai Anda memilih makanan yang tidak baik untuk kesehatan Anda dan juga si calon bayi.

Jenis Makanan Untuk Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

Memenuhi nutrisi ibu hamil bukan berarti Anda tidak makan enak. Anda bisa mengonsumsi makanan yang lezat seperti biasa namun dengan pertimbangan yang jelas. Nah, beberapa jenis makanan berikut sangat baik untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan bagus untuk tumbuh kembang si calon bayi.

Nasi Merah

Nasi merah sudah dikenal bagus sekali untuk diet karena kaya serta. Ternyata, nasi merah juga baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil. Nasi ini memiliki kandungan zat besi dan vitamin B yang baik untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsinya, ibu hamil akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Dengan begitu, Anda akan mengurangi ngemil-ngemil yang tidak dibutuhkan. Terlebih, nasi merah juga penting untuk produksi sel darah merah. Yang mana ketika hamil, volume darah bisa meningkat hingga 40 persen.

Sayuran Warna Hijau

Pilihlah sayur mayur dengan warna hijau tua seperti bayam. Sayur dengan warna hijau tua memiliki kandungan zat besi, serat, vitamin C dan juga folat. Nah, vitamin C dalam sayuran berwarna hijau tua akan membantu ibu hamil mengatasi sembelit yang sering terjadi ketika hamil. Folat juga bagus untuk tumbuh kembang si calon bayi.

Stroberi

Siapa sih yang tidak suka stroberi? Dimakan dalam keadaan segar atau jus, stroberi tetap jadi buah favorit banyak orang. Nah khusus untuk ibu hamil, stroberi juga kaya akan manfaat. Kandungan antioksidan akan membuat bayi terlindung dari resiko diabeter atau obesitas. Dan juga ada serat, folat dan juga vitamin C yang bagus untuk kesehatan si calon bayi.

Pisang

Si kuning yang bisa diolah jadi apa saja ini ternyata juga banyak manfaatnya untuk ibu hamil. Jika Anda mengalami edema atau kaki bengkak saat hamil, makanlah buah pisang. Potassium yang dikandung bisa membantu mengatasi edema dank ram saat hamil.

 

BFI15020207

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY