4 Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Menjaga Kebugaran

4 Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Menjaga Kebugaran

218
0
SHARE
© wellforlife

KabarFemale—Menjaga tubuh agar tetap sehat dengan teratur berolahraga sangatlah penting. Hal ini juga berlaku terhadap ibu hamil. Menjaga kebugaran tubuh saat hamil juga sangat penting loh moms. Dengan memiliki tubuh yang selalu bugar menjadikan Anda dapat mengurangi resiko kehamilan yang tidak diinginkan misal ketidaklancaran saat proses persalinan.

Tentu Anda tidak ingin mengalaminya kan moms. Jenis olahraga ringan dan mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan senam hamil. Dengan rutin melakukan senam hamil maka Anda telah berusaha menjaga kehamilan Anda dan kelancaran persalinan kelak.


Berikut adalah gerakan-gerakan senam ibu hamil yang dapat Anda lakukan dirumah:

1. Lakukan Langkah ditempat. Gerakan senam ibu hamil yang pertama adalah melangkah ditempat. Caranya:

  • Berdirilah dan berpegangan pada dinding atau penyangga lainnya pastikan terlebih dulu jika penyangga terebut sangat kuat untuk menopang beban Anda. Jika Anda kuat peganglah dumbel dengan tangan akan tetapi jika ragu Anda tidak kuat menopang maka letakkan kedua tangan Anda pada daerah panggul.
  • Kemudian tekuklah lutut kedepan hingga hingga tepat berada didepan pergelangan kaki Anda dan lutut belakang tepat menghadap ke lantai. Kemudian luruskan lagi lutut seperti pada posisi awal. Dan ulangi dengan gerakan yang sama.

2. Meregangkan tangan:

  • Pertama-tama duduklah di kursi dengan posisi telapak kaki menjuntai ke lantai dengan posisi lutut ditekuk. Lakukan seperti posisi duduk orang normal biasa.
  • Lalu tekuk kedua siku setinggi posisi bahu Anda dengan jari tangan yang menghadap ke atas. Pada posisi ini lakukan gerakan pada tulang belikat ke bawah. Dan beri waktu jeda sejenak untuk Anda istirahat. Kemudian ulangi lagi dengan gerakan yang sama seperti semula.

3. Latihan nafas perut:

  • Aturlah tubuh Anda seperti pada saat posisi merangkak dengan posisi kedua lutut berada dibawah sendi pinggul serta posisi kedua tangan setara lurus dibawah bahu, atur juga posisi kepala mendatar sejajar punggung.
  • Mulailah menarik nafas dan lakukan kontraksi pada otot perut, kemudian lepaskan dan ulangi lagi.


4. Penguatan otot lengan atas bagian depan:

  • Duduklah seperti posisi duduk normal dan atur tubuh Anda untuk tetap tegak. Bukalah kedua kaki dengan tidak terlalu lebar. Lalu peganglah dua buah dumbel pada kedua tangan dengan posisi menggantung disamping, pilihlah dumbel yang tidak terlalu berat misal 1 kg.
  • Berusahalah selama melakukan gerakan untuk mengatur posisi kedua siku tetap berdekatan dan sejajar dengan badan atau lurus dengan posisi bahu. Angkatlah perlahan kedua dumbel secara bersamaan dengan menekuk kedua siku.
  • Angkatlah hingga ke arah atas bahu. Kemudian turunkan dan ulangi lagi latihan ini. Semoga latihan senam hamil ini dapat membantu Anda untuk tetap menjaga kebugaran selama hamil. Selamat mencoba.

BFI1502018

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY