10 Panduan Lengkap Gizi Ibu Hamil

10 Panduan Lengkap Gizi Ibu Hamil

398
0
SHARE
10 Panduan Lengkap Gizi Ibu Hamil
Source : communicatehealth.com

KabarFemale—Pada awal kehamilan, bunda pasti sering merasakan mual-mual dan muntah. Dan membuat bunda menjadi tidak selera untuk makan. Tapi perlu diingat bunda, bunda harus tetap mengatur pola makan dengan baik ya bun. Karena sekarang bunda tidak makan untuk diri sendiri. Calon si kecil Anda juga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang baik agar perkembangannya sealu optimal dengan baik. Sehingga dengan begitu bayi Anda juga akan selalu sehat dan tumbuh dengan sempurna seperti yang Anda inginkan. Jadi bagaimanapun rasanya selama makanan itu baik untuk bayi Anda, bunda harus tetap makan ya bun. Untuk itu kali ini kita akan membahas panduan lengkap gizi ibu hamil Apa saja sih? Yuk simak ya bun!

Berikut adalah Panduan Lengkap Gizi Ibu Hamil:

1. Panduan lengkap gizi ibu hamil yang pertama adalah makanlah makanan yang bervariasi setiap harinya. Anda bisa mencobanya dengan 2 sampai 4 kali makan buah-buahan, 4 kali atau lebih mengonsumsi jenis sayur-sayuran, 4 kali atau lebih konsumsi berbagai jenis olahan produk susu, 3 kali sajian asupan sumber protein seperti ayam, unggas, ikan, kacang, daging, dan telur. Selalu usahakan agar porsinya tetap seimbang dan tidak berlebihan.

2. Kurangi jumlah konsumsi makanan dengan lemak dan mengandung gula

3. Anda juga harus memastikan bahwa jumlah vitamin dan mineral dalam tubuh Anda tercukupi. Tambahlah dengan mengonsumsi suplemen yang telah disarankan oleh dokter Anda.

4. Pastikan Anda memilih makanan dengan kandungan serat tinggi seperti buah dan sayuran

5. Jangan lupakan kalsium yang sangat penting untuk petumbuhan tulang bayi Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan ataupun minuman yang kaya kalsium seperti olahan produk susu sekitar 4 kali penyajian dalam sehari.

6. Jangan lupa juga pada kebutuhan zat besi dalam tubuh Anda. Nada butuh sekitar 3 kali penyajian dalam sehari asupan makanan yang mengandung zat besi untuk mendapatkan 27 mg asupan zat besi untuk tubuh Anda per harinya.

7. Tahukah Anda jika ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 70 mg dalam sehari. Untuk itu Anda harus menyiapkah salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, pepaya, atau tomat.

8. Ingat dengan kebutuhan asam folat ya bunda, pastikan Anda memilih minimal satu sumber dari makanan yang mengandung banyak asam folat. Anda dapat memperolehnya dari sayuran hijau seperti bayam. Ibu hamil membutuhkan sedikitnya 0,4 mg asupan asam folat setiap harinya.

9. Pilih juga salah satu sumber vitamin A yang dapat ANda peroleh misal dari wortel, tomat, dan labu

10. Sangat penting untuk Anda memenuhi asupan nutrisi dari protein yang dapat Anda peroleh dari jenis kacang-kacangan dan ikan.

BFI1503013

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY