Yuk, mari kita jaga kesehatan ginjal!

Yuk, mari kita jaga kesehatan ginjal!

141
0
SHARE
© pinimg

KabarFemale—Selain Jantung, organ tubuh manusia yang sangat penting ialah ginjal. Ginjal ialah organ yang memiliki fungsi sistem ekskresi. Umumnya manusia memiliki 2 ginjal yang terletak pada kanan dan kiri.

Terletak di sekitar daerah pinggang atau lebih tepatnya berada di belakang perut. Daerah tersebut biasa dinamakan abdomen. Sebagai organ yang berbentuk mirip seperti kacang, ternyata ia memiliki beberapa fungsiyang sangat penting. Diantaranya :

Sebagai penyeimbang Asam Basa

Belum banyak yang mengetahui bahwa ginjal berfungsi dalam menyeimbangkan asam basa yang ada di dalam tubuh. Kelebihan cairan tersebut dikeluarkan sebagai air seni (urin).

Mengeluarkan racun

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa tubuh manusia tidak akan lepas dari zat berbahaya yang ada pada makanan siap saji. Padahal fast food justru sangat disukai. Selain enak juga cepat dalam penyajiannya.

Sejatinya makanan tersebut malah banyak menimbulkan efek yang kurang baik seperti masuknya zat kimia. Bahayanya bila anda tidak mengeluarkannya secara berkala dengan cara mengeluarkan air seni (urin). Maka akan sangat baik bagi anda bila mengkonsumsi air minum secara teratur dalam takaran yang pas. Karena hal tersebut akan membantu anda dalam mengeluarkan racun yang ada pada tubuh.

Ginjal juga memiliki peranan lain sebagai pengatur kadar gula agar tak berlebih dan juga menjaga keseimbangan kadar garam. Apabila keduanya berlebihan tentu akan membuat badan anda terasa tak nyaman bahkan hingga menimbulkan penyakit berbahaya.

Menjaga kadar pH darah

Ginjal memang memiliki satu peran besar dalam melindungi dan menjaga kadar darah. Ginjal yang baik akan mempertahakan asam basa supaya tidak menjadi lebih asam dan tetaap seimbang dengan kisaran antara 7,0 hingga 7,4.

Setelah anda mengetahui pentingnya ginjal, anda diharapkan dapat lebih menjaganya. Ada beberapa cara yang bisa anda coba, penasaran? Yuk teruskan membaca artikelnya ya! Biasakan untuk berolah raga, minimal berjalan kaki dengan teratur setengah jam lamanya.

Bila anda sering bermalas-malasan justru anda sudah mengabaikan kesehatan dengan nyata. Hal lainnya, ialah menjaga berat badan tetap ideal, bukan saja membuat penampilan anda tetap menarik tapi anda telah melakukan hal yang baik pada tubuh anda.

Yang sangat sulit dilakukan ialah mengurangin asupan minuman yang mengandung banyak gula. Bukan saja anda akan dihantui penyakit diabetes namun bila tak terkontrol kerja ginjal akan menjadi berat. Anda tentu sayang pada diri anda bukan? Marilah mulai dari hal kecil agar anda tetap sehat dan bugar meski usia telah matang.

 

AFB150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY