Waspadai Kantuk Berlebih (1)

Waspadai Kantuk Berlebih (1)

168
0
SHARE
Source: tempo

KabarFemale—Rasa kantuk merupakan suatu hal yang wajar dan memang bersifat alamiah. Terkadang, rasa kantuk berlebih dirasakan ketika tubuh telah banyak mengeluarkan energi. Namun, pada kenyataan di lapangan, masih banyak penyebab gejala kantuk yang menyerang individu meski ia tak mengeluarkan tenaga yang banyak sebelumnya. Rasa kantuk yang menyerang, dapat dikatakan normal bila memang sudah memasuki masa tubuh anda beristirahat atau akibat keletihan luar biasa. Sedang jika anda saja tak melakukan apapun, tapi kantuk menghinggap, bisa jadi ada yang salah pada tubuh anda. Jika dibiarkan selain akan mengganggu produktivitas anda, rasa kantuk lambat laun akan membuat anda menjadi kurang bersemangat dalam melakukan kegiatan disamping akan melemahkan sistem kerja tubuh. Nah, kira-kira apa saja sih penyebab kantuk berlebih? Penasaran? Jika iya, maka simak selengkapnya, hanya di RN Female!

Pembaca setia, hal umum yang sering terjadi mengenai penyebab kantuk berlebih ialah akibat kurangnya cairan pada tubuh. Dehidrasi juga menjadi salah satu pemicu tubuh bereaksi berlebih. Bukan saja akan membuat kulit mengalami kekeringan, kurangnya cairan akan membuat anda mudah lelah, loyo, letih, dan hilang konsentrasi. Akibatnya, apa yang sedang anda kerjakan menjadi tak fokus. Untuk mencegah hal buruk lainnya, cobalah untuk mulai meruntikan minum air putih sesuai anjuran yang berlaku, yakni 8 gelas per harinya. Bila anda merasa kesulitan, selalu bawa wadah air minum sehingga setiap saat anda bisa mengkonsumsinya. Dengan hal tersebut, lambat laun rasa malam minum akan hilang.

Sedangkan enyebab yang kedua pada kasus tersebut, bisa jadi anda memiliki masalah anemia dalam tubuh. Konon, penderita anemia sering kali tidak tanggap mengenai kondisi yang dideritanya. Jadi meskipun ia telah lama mengidap anemia, belum tentu menyadarinya. Contohnya ialah seperti rasa ngantuk yang berlebih, selain akibat kelelahan dengan kegiatan harian, kurangannya darah akan semakin memperparah rasa kantuk tersebut. Mengapa demikian? Tubuh yang kekurangan darah akan mengalami kekurangan lainnya, seperti kurangnya zat besi atau konsumsi vitamin B, yakni B12. Terlebih bagi seorang wanita yang masih aktif mengalami datang bulan adalah hal yang wajar bila terkena anemia, karena anemia bisa terjadi akibat banyaknya darah yang keluar saat menstruasi serta kurangnya asupan gizi dan nutrisi pada tubuh. Maka, yang terbaik, atur pola makan yang sehat, perbanyak konsumsi sayuran hijau yang mengandung zat besi, agar tubuh kembali bugar dan kantuk pun berangsur-angsur normal. (bersambung)

AFB150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY