Waspada dengan Penyakit Lupus! (1)

Waspada dengan Penyakit Lupus! (1)

168
0
SHARE
Source: lintas.me

KabarFemale—Mungkin dapat dikatakan penyakit Lupus ini tidak begitu populer di kalangan masyarakat luas namun bagin anda yang bekerja dan menimba ilmu dalam bidang kesehatan tentu sudah paham mengenai penyakit tersebut. Lupus ini sebeneranya merupakan salah satu penyakit berbahaya dimana sistem kekebalan tubuh anda akan menyerang bagian tubuh yang lain, seperti sel dan jaringan yang sehat, begitu juga dengan organ anda. Organ yang sering kali diserang seperti jantung, paru-paru, ginjal, sendi-sendi pada tubuh, serta tulang, dan juga sel darah maupun kulit. Dengan kata lain penyakit ini menyerang tubuh anda dengan zat antibodi yang seharusnya justru mencegah anda dari berbagai penyakit. Kabar buruknya, penyakit ini lebih banyak diidap oleh wanita. Jika dibuat perbandingan antara pria dan wanita maka akan ditemukan hasil 1:9. Jadi secara presentase dari 100%, 90% pengidapnya ialah wanita. Lihat betapa sangat berbahayanya penyakit ini bagi kaum hawa.

Sayangnya, penyakit berbahaya seperti Lupus ini justru kurang dipandang serius oleh banyak orang dan bahkan juga oleh pemerintah. Mungkin hal ini dikarenakan gejala-gejala Lupus yang biasa saja, dalam artian gejalanya sama dengan penyakit pada umumnya. Tidak ada gejala yang anda seperti penyakit kelas berat dan berbahaya lainnya. Padahal Lupus telah banyak merenggut korban jiwa.

Penyakit Lupus sendiri dikategorikan ke dalam jenis peradangan, yang mana ia masuk dalam deretan peradangan kronis autoimun. Meski memang gejalanya sama dengan penyakin lain secara umum, toh ia juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis penyakit lain, yakni terjadinya ruam-ruam disekitar wajah. Ruam wajah yang membantang diantara pipi kanan lalu hidung dan berakhir pada pipi kiri ini membentuk sebuah pola yang dikenal dengan pola kupu-kupu atau malar rash.

Dibawah ini akan kami jabarkan tentang gejala-gejala penyakit Lupus, dengan harapan anda akan lebih waspada.

Gejala Umum penyakit ini diantaranya,
Terjadinya demam yang lama,
Kepala sering merasa sakit,
Adanya gangguan pada pencernaan,
Anda akan udah lelah meski tidak melakukan aktifitas yang berat,
Seringkali mengalami rasa pegal pada sendi-sendi,
Anda akan lebih rentan terkena gejala kekurangan darah (anemi) yang diakibatkan karena antibodi menyerang sel darah merah,
Karena menyerang paru-paru maka nafas anda semakin lama akan semakin pendek,
Rentan terhadap sinar matahari dimana anda akan merasa tidak nyaman jika terkena sinarnya secara langsung karena mangakibatkan luka pada kulit semakin parah, (bersambung)

AFB 150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY