Manfaat Buah Rambutan

Manfaat Buah Rambutan

872
0
SHARE
Manfaat Buah Rambutan
source : toucanfruit.com

KabarFemale—Siapa yang menyukai buah rambutan? Coba angkat tangan? Buah rambutan memiliki nama latin Nephelium Lappaceum ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang asalnya dari Asia Tenggara lho. Wah, keren ngga tuh? Konon buah rambutan ini menyebar ke berbagai daerah tropis bukan hanya di daratan Asia saja namun hingga ke Amerika dan Afrika. Dalam proses pertumbuhannya, rambutan sangat dipengaruhi oleh tersedianya jumlah air yang cukup. Uniknya, saat air yang tersedia jumlahnya mulai terbatas, ia secara alami akan beristirahat dari proses pertumbuhan.

 

Buah rambutan yang kita kenal memiliki warna kemerahan (telah matang), kadang masih ada yang hijau kekuningan agak kemerah mudaan (masih muda, belum begitu matang), daging buahnya memiliki satu jenis warna saja, yakni mirip seperti daging buah leci, keputihan. Di dalamnya terdapat biji buah. Oh ya, bila anda jeli, sebenarnya daging buah rambutan ini terlapisi oleh selaput putih tipis yang disebut sebagai endokarp. Pada bagian luarnya, sama seperti namanya, rambutan, ia pun memiliki rambut-rambut yang dibungkus oleh kulit buah, bagian ini dinamakan eksokarp. Buah yang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia ini memiliki banyak sekali varietas. Kira-kira anda paling suka yang mana ya?

 

Setelah menilik sejenak mengenai asal usul rambutan, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja sih manfaat buah kecil nan manis itu? Yuk, disimak baik-baika ya pembaca setia RN Female!

 

Mengobati Anemia
Anda kurang darah? Sering merasa pusing. Tak perlu bersusah payah untuk mengobati diri anda dengan obat-obatan kimia. Cukup dengan rajin mengkonsumsi buah rambutan saja, anda akan terhindar dari anemia. Sebabnya adalah zat besi yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Maka tak heran ia mampu untuk memberikan asupan yang cukup pada tubuh dan anda pun akan lebih sehat karenanya.

Cegah Kanker
Pernah mendengar sebelumnya? Pada nyatanya kandungan di dalam rambutan yang bernama Asam Gallic mampu untuk mencegah dan menghindarkan anda dari bahaya radikal bebas. Anda tentu mengetahui bahwasannya radikal bebas sangat berpotensi dalam tumbuh kembang sel-sel kanker.

Ginjal Sehat
Selain mampu mencegah dari bahaya kanker, kandungan fosfor yang ada pada buah ini secara aktif mampu untuk membuat ginjal menjadi lebih sehat. Itu semua dikarenakan fosfor sangat membantu dalam membuang berbagi kotoran serta racun yang bermuara pada organ ginjal anda di dalam tubuh.

Pembaca setia, itulah beberapa manfaat rambutan yang perlu anda ketahui. Masih sangat banyak manfaat buah ini sebenarnya, mungkin akan kita bahas di lain kesempatan. Nah, sekarang, masihkah anda ragu untuk hidup sehat? Mari mulai dengan mengganti cemilan kaya pengawet dengan buah-buah nan segar.

AFB150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY