Dream Great, Start Small, Act Now (Sebuah Memoar Editor)

Dream Great, Start Small, Act Now (Sebuah Memoar Editor)

350
0
SHARE
(c) Benfrancia

RajaNego—Suatu shubuh, sekitar 2 tahun lalu, saya dengar siaran motivasi di Sindo Radio. Kala itu, Sang Narasumber membawakan quote yang menurut saya luar biasa. Quotation itu adalah; “Dream Great, Start Small, Act Now.

Jika dimaknai dalam bahasa Nasional kita artinya; “Bermimpi hebat .. Memulai (dengan langkah atau hal) kecil .., Beraksi sekarang!

Keren ya .. pikir saya waktu itu. Meski implementasi-nya tak semudah 6 kata tersebut. Saya masih saja jadi penunda pandir kelas kakap. Sampai saya (secara tak terduga) diangkat menjadi Editor di situs RajaNego tercinta ini. Di sini saya belajar, bentuk lain dari antitesa kalimat penggebu di atas. “Procrastination is unforgivable!

Penundaan (hal) yang tak terampuni!” Tanpa ampun saya digempur lebih dari 60 artikel yang menunggu untuk di-edit publish. Butuh sekitar 7 jam penuh untuk menuntaskan semua artikel-artikel itu. Saya terhukum oleh kebiadaban kebiasaan non produktif dan non efesien ini sejak SMA.

Bayangkan! Sejak SMA. Mungkin karena saya orang yang keras pada diri sendiri, dan imbasnya juga keras terhadap orang lain (sudah banyak penulis yang terdepak saat saya menangani web ini). Saya memaksakan diri menyelesaikan tugas tersebut secepat dan sebaik-baiknya.

Beruntung, Supervisor (baca; Bos) saya orang yang pengertian. Jika saya berkerja di sebuah perusahaan berstandard Jepang, Korea, atau Amerika. Pasti saya sudah menganggur karena dipecat! Bekerja sebagai Freelancers bukan soal kebebasan, tapi soal mem-Boss-i diri sendiri (menjadikan diri sendiri sebagai Bos/Pimpinan).

Self leadership skill mutlak dibutuhkan disini. Tanggung jawab besar menuntuk kekuatan yang lebih besar (saya balik dari biasanya). Sekarang setelah melalui masa krisis (saya sempat menyinggung sense of crisis pada semua Penulis). Saya menyadari, betapa susahnya situasi karena penundaan-penundaan yang sepele itu. Dan betapa nikmatnya selalu memulai dan meyelesaikan hal-hal kecil.

Dream Great, Start small, Act now. Membawa saya ke area terang, era tenang, masa bahagia menikmat peranan baru saya sebagi Editor in Chief (istilah keren-nya). Bekerja di sini, bisa hidup mandiri, sambil melakukan passion yang saya cintai (menulis Fiksi Sains Fantasi).

Teringat betapa setres, sulitnya hidup di bulan September 2014 sampai Februari 2015 (lengkap dengan adegan drama ngutang sana-sini), waktu pertama kali bekerja di RajaNego sebagai penulis SEO (padahal waktu itu saya gembiranya bukan main). Saya juga yang melahirkan ide rubrik Karir & Motivasi ini. Saya sebagai ‘Ibu’ dari rubrik ini merasa bertanggung jawab membesarkan-nya. Menelantarkan ‘bayi’ ini begitu saja membuat saya tersiksa.

Dan alangkah bahagianya saya, saat berinisiatif memohon kembali kesempatan membuncahkan isi otak yang tersambul rambut krisye (kriting syemeraut). Saya merayakan kesempatan dengan langsung menulis serta mempublikasikan tulisan ini, demi membuktikan kesungguhan saya. Nantikan artikel-artikel saya berikutnya dan mohon dikomen ya. By the way ini artikel Career & Motivation pertama yang saya tulis dengan murni kinerja lobus kanan dan kiri otak sendiri. Sebagai pamungkas ini kalimat keramat buat kalian pembaca setia RajaNego; “Now is All you Have.” (gG—genius Gemilang)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY