Yuk, Kenali Gejala dan Penyebab Kehamilan Ektopik

    129
    0
    SHARE
    Source ; parenthub.com.au

    KabarFemale—Berita kehamilan telah menjadi kebahagiaan namun apa yang Anda rasakan jika di tengah masa kehamilan ternyata anda megalami kehamilan ektopik? Sebenarnya apa itu kehamilan ektopik? Kehamilan ektopik merupakan kehamilan diluar kandungan dimana sel telur yang telah dibuahi menempel dan berkembang di tempat yang tidak seharusnya (di luar rahim). Wah kok bisa ya? Untuk itulah pengetahuan dan pemahaman mengenai gejala dan penyebab kehamilan ektopik sangatlah penting.
    Yuk, mulai dari sekarang kenali gejala dan penyebab kehamilan ektopik sejak dini.

    Berikut adalah gejala dan penyebab kehamilan ektopik yang perlu Anda tahu:

    1. Nyeri hebat di daerah panggul
    Gejala kehamilan ektopik memang susah untuk dikenali, karena gejalanya memang mirip dengan gejala awal kehamilan. Namun bila Anda mengalami gejala nyeri yang luar biasa hebat pada daerah panggul seperti tusukan maka Anda patut waspada dan segera berkunjung ke dokter. Biasanya gejala ini juga disertai dengan nyeri di sekitar leher dan bahu. Hal ini dikarenakan menumpuknya darah sesudah kehamilan pecah.

    2. Perdarahan berat
    Mungkin pada tahap awal kehamilan sekitar usia 6 minggu biasanya Anda akan mengalami gejala seperti adanya bercak darah, hal ini memang merupakan hal yang wajar terjadi pada kehamilan normal akibat proses implantasi. Akan tetapi jika Anda menemukan adanya gejala perdarahan berat di awal kehamilan, bisa jadi Anda mengalami kehamilan ektopik. Jika hal itu terjadi maka segera hubungi dokter untuk konsultasi.

    3. Gejala kombinasi
    Untuk mengenali gejala kehamilan ektopik Anda juga bisa mengamati adanya gejala kombinasi seperti sering buang air kecil, gejala radang usus buntu, dan masalah perut. Gejala ini memang mirip dengan gejala kehamilan normal, akan tetapi jika Anda menemukan gejala aneh dan sakit yang tidak biasa serta sangat mengganggu kenyamanan Anda, segeralah berkunjung ke dokter untuk mendapatkan perawatan segera.
    Selanjutnya penyebab kehamilan ektopik yang juga harus Anda tahu, diantaranya:
    1. Adanya hambatan saluran sel telur yang telah dibuahi untuk dapat menuju rongga rahim
    2. Adanya penyubatan pada tuba fallopi
    3. Organ pergerakan sel (silia) mengalami kerusakan
    4. Adanya ketidakseimbangan hormone
    5. Kehamilan pada wanita dengan usia tua antara 35-40 tahun
    Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja gejala dan penyebab kehamilan ektopik. Bila Anda mengalami gejala seperti di atas maka segera hubungi dokter untuk segera mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Karena jika terlambat maka bisa beresiko fatal. Semoga bermanfaat.
    BFI15040195

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY