Yang Dianggap Aneh Padahal Normal Pada Bayi Baru Lahir (1)

    288
    0
    SHARE
    © shutterstock

    KabarFemale—Anda pasti sudah banyak membaca tentang persalinan dan kelahiran, mengurus bayi hingga kurang tidur, atau menyusui sepanjang hari. Tapi ada beberapa hal yang terjadi pada bayi yang sebenarnya normal tapi jarang diketahui para orangtua baru. Berikut ini daftarnya:

    • Cradle cap. Serpihan mirip ketombe yang menempel di kulit kepala bayi, memang tidak enak dipandang tapi kondisi ini wajar pada bayi baru lahir. Cradle cap akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Anda bisa menggosokkan baby oil ke kulit kepala si kecil dua atau tiga kali dalam seminggu.Lakukan secara rutin sebelum bayi mandi lalu sikat rambutnya dengan sisir bergigi halus. Tak ada yang perlu Anda khawatirkan, ini hanya sejenis ruam saja. Tapi jika menyebar ke bagian lain selain kulit kepala atau terlihat bertambah parah, konsultasikan pada dokter anak.
    • Payudara besar. Hormon kehamilan yang Anda rasakan saat hamil juga berdampak pada bayi. Terpapar hormon ini menyebabkan jaringan payudara bayi berkembang, karena butuh waktu agar efek hormon menghilang. Tapi jangan khawatir, tak ada yang perlu ditakutkan dari kondisi ini.
    • Perhatikan apakah ada kemerahan di payudara bayi. Jika ya, coba periksa suhu tubuhnya, untuk mengetahui apakah disertai demam. Gejala ini bisa menjadi tanda untuk kondisi yang lebih serius, dan Anda perlu memeriksakan bayi ke dokter.
    • Sering bersin. Bayi yang baru saja lahir sangat sensitif pada banyak hal. Jadi jika ia bersin tapi tidak sakit, ia mungkin berusaha membuang partikel asing yang masuk ke jalan udaranya. Melihat cahaya juga perlu penyesuaian, jadi jika bayi diajak keluar melihat matahari dan mulai bersin, ini karena cahaya matahari, bukan alergi.Penyebab umum lain adalah untuk membersihkan lendir atau cairan ketuban berlebih dari jalan udara. Bila bayi bersin disertai nafas berbunyi, periksakan ke dokter anak untuk mengetahui apakah ada alergi atau hal lain yang memerlukan pengobatan.
    • Bergerak menghentak-hentak. Gerakan bayi yang menghentak-hentak mungkin awalnya mengkhawatirkan, tapi ini bagian dari perkembangannya. Di beberapa bulan pertama, ia mengalami banyak perubahan perkembangan, salah satunya adalah gerak refleks (refleks Moro). Gerakan menghentak akan terlihat ketika ia mendengar suara keras, tapi ini akan mereda setelah tiga atau empat bulan. Anda bisa menenangkannya dengan membedong. Gerakan menghentak kadang membangunkan bayi, dan membedong akan membantunya tidur dengan tenang.

     

    AFI150201

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY